Sabtu, September 21, 2024

Video Pendek dan TikTok Makin Berjaya

Must read

Reuters Institute Digital News Report 2024 mengeluarkan temuan menarik tentang pergeseran sumber-sumber berita utama yang dicari orang.

Apa saja temuannya?

  • Penurunan Penggunaan Facebook untuk Berita: Di banyak negara, terutama di luar Eropa dan Amerika Serikat, terjadi penurunan signifikan dalam penggunaan Facebook untuk berita, dengan ketergantungan yang semakin meningkat pada aplikasi pesan pribadi dan jaringan video. Penggunaan Facebook untuk berita turun 4 poin persentase di semua negara dalam setahun terakhir.
  • Fragmentasi Penggunaan Platform Online: Penggunaan berita di platform online semakin terfragmentasi, dengan enam jaringan sekarang mencapai setidaknya 10% responden, dibandingkan hanya dua jaringan satu dekade lalu. YouTube digunakan oleh hampir sepertiga (31%) dari sampel global kami untuk berita setiap minggu, WhatsApp sekitar seperlima (21%), sementara TikTok (13%) telah melampaui Twitter (10%), yang kini berganti nama menjadi X, untuk pertama kalinya.
  • Peningkatan Konsumsi Video sebagai Sumber Berita: Terkait dengan perubahan ini, video semakin menjadi sumber berita online yang penting, terutama di kalangan kelompok yang lebih muda. Video berita pendek diakses oleh dua pertiga (66%) sampel kami setiap minggu, dengan format yang lebih panjang menarik sekitar setengahnya (51%). Konsumsi video berita terutama terjadi di platform online (72%) dibandingkan situs web penerbit (22%), yang meningkatkan tantangan dalam hal monetisasi dan koneksi.
  • Perubahan dalam Platform Akses Berita: Meskipun campuran platform berubah, mayoritas masih mengidentifikasi platform seperti media sosial, mesin pencari, atau agregator sebagai gerbang utama mereka ke berita online. Di seluruh pasar, hanya sekitar seperlima responden (22%) yang mengidentifikasi situs web berita atau aplikasi sebagai sumber utama berita online mereka – turun 10 poin persentase sejak 2018. Penerbit di beberapa pasar Eropa Utara berhasil mengatasi tren ini, tetapi kelompok yang lebih muda di mana pun menunjukkan hubungan yang lebih lemah dengan merek berita dibandingkan sebelumnya.
  • Perhatian terhadap Sumber Berita: Ketika melihat sumber berita yang paling diperhatikan orang di berbagai platform, fokus semakin meningkat pada komentator partisan, influencer, dan pembuat berita muda, terutama di YouTube dan TikTok. Namun, di jejaring sosial seperti Facebook dan X, merek berita tradisional dan jurnalis masih memainkan peran yang menonjol.
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article