Kamis, April 18, 2024

2 usaha sosial asal Indonesia masuk program YSE

Must read

Siksa Kubur

Terlepas dari kondisi pandemi saat ini, program yang didedikasikan untuk membuat perubahan positif ini tetap berhasil menghadirkan 29 penggerak perubahan yang mewakili sembilan negara, yang akan semakin berkembang melalui program delapan bulan YSE.

Program Young Social Entrepreneurs (YSE) dari Singapore International Foundation (SIF) tetap memulai edisi 2020 dalam bentuk pengalaman digital terlepas dari pembatasan sosial yang diberlakukan akibat pandemi, demi terus membina para pemuda pembawa perubahan di dunia. Terdapat 109 pemuda dari 19 negara berkumpul secara virtual untuk Workshop YSE mulai dari 3 Juli hingga 29 Agustus.

Tahun ini, angkatan ke-11 program YSE mempresentasikan ide bisnis sosial mulai dari pemanfaatan teknologi baru untuk mewujudkan masyarakat yang lebih inklusif, dan menganjurkan cara alternatif untuk menyelamatkan lingkungan, hingga memberdayakan komunitas yang rentan melalui edukasi dan pelatihan kerja. Terlepas dari pebedaanwilayah yang terdampak dan latar belakang budaya, semua tim memiliki tujuan yang sama untuk membawa perubahan yang berkelanjutan di komunitas tempat mereka beroperasi.

Keterangan gambar: 15 tim usaha sosial dari seluruh dunia yang akan maju ke fase berikutnya dari program Young Social Entrepreneurs (YSE) SIF. Duta Besar Ketua SIF Ong Keng Yong (atas) mengungkapkan bahwa platform digital YSE memberikan peluang baru untuk menanamkan energi, semangat inovatif, dan semangat para pembuat perubahan muda yang didorong oleh rasa tujuan sosial yang kuat.

Workshop YSE ini terdiri dari rangkaian intensif webinar dan klinik bisnis yang dipimpin oleh para wirausahawan sosial, thought leaders, dan ahli strategi bisnis. Peserta mendapatkan pengetahuan untuk menjadi wirausaha sosial yang efektif dalam sesi keuangan, pemasaran, dan pengukuran dampak. Mereka juga dapat berinteraksi dengan rekan-rekan sepemikiran dari berbagai kewarganegaraan, mendapatkan pemahaman lintas budaya lebih dalam untuk menjalin pertemanan baru, dan menjalin hubungan profesional. 

Setelah rangkaian kegiatan tersebut, 54 tim memaparkan rencana bisnis mereka kepada panel juri, dan kemudian 15 tim dipilih untuk maju ke tahap selanjutnya dari program YSE.

Tim yang terpilih terdiri dari 29 pemuda pembawa perubahan yang merepresentasikan sembilan negara, akan mengikuti bimbingan lebih lanjut karena ide bisnis mereka dinilai memiliki potensi dampak sosial yang signifikan, berkelanjutan, dan skalabilitas pada model bisnisnya. Selama enam bulan ke depan, mereka akan dibimbing oleh konsultan bisnis terkemuka dari McKinsey & Company dan Temasek International, untuk membentuk semangat berwirausaha yang relevan dengan sektor mereka. 

Lebih jauh lagi, tim yang terpilih akan memiliki kesempatan untuk mengasah ketajaman bisnis, melebarkan perspektif budaya, dan memanfaatkan jaringan alumni YSE global yang terdiri dari lebih 1.200 anggota. Pada Maret 2021, semua tim akan berkumpul kembali di acara YSE Pitching for Change, di mana mereka akan mempresentasikan rencana bisnis yang telah disempurnakan kepada panel juri untuk mendapatkan kesempatan pendanaan awal senilai hingga S$20,000.

Duta Besar Ong Keng Yong, Ketua SIF, mengatakan, “Di SIF, kami percaya kepada semangat untuk menyatukan orang-orang dari budaya yang berbeda demi saling memberikan inspirasi ide dan aksi untuk kebaikan. Meskipun kami tidak dapat membawa peserta YSE secara fisik ke Singapura tahun ini, wadah digital menawarkan peluang baru untuk menumbuhkan energi, semangat inovatif, dan hasrat dari pemuda pembawa perubahan yang didorong oleh rasa tujuan sosial yang kuat. Di masa tantangan ekonomi, iklim, dan tantangan kesehatan global, hal-hal tersebut bahkan menjadi lebih penting bagi kita untuk mempercepat laju inovasi sosial.”

Para peserta diberi dukungan oleh Workshop dan tengah menantikan perjalanan YSE mereka. “Ini merupakan pengalaman yang membuka mata dan kami sangat bersyukur dapatmenjadi bagian dari program YSE. Sangat menyenangkan untuk saling terhubung dengan individu yang sepemikiran dari seluruh dunia yang sama-sama ingin mengukir perjalanan menuju perubahan sosial. Kami menantikan untuk dapat bekerja dengan mentor kami dalam beberapa bulan mendatang untuk mempelajari bagaimana kami dapat membawa ide wirausaha sosial ke tingkat berikutnya,” ungkap Rahul Milan Paleja, Co-Founder Heirloom dari Singapura.

Febi Agil Ifdillah, Chief Executive Officer Neurafarm dari Indonesia membagikan pengalamannya, “Di tengah pembatasan perjalanan, kami menghargai kesempatan untuk tetap dapat terhubung dengan para wirausahawan sosial dan pemimpin pasar dari negara lain. Sesi berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran ini mengajarkan kami pentingnya memiliki perspektif global dalam mengelola bisnis sosial. Hal ini membuka pintu bagi kami untuk membangun jaringan internasional dan menciptakan peluang untuk dampak sosial yang lebih besar. Dan kami tidak sabar untuk rencana beberapa bulan yang akan datang.”

Qiqi Wei, Co-Founder CYOT (China Youth of Tomorrow) dari Tiongkok, mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Hanya dalam kurun waktu dua bulan saja, kami merasa sudah banyak belajar dari para pembicara dan sesama peserta YSE. Bahkan selain keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari Workshop YSE, kami juga bisa menjadi bagian dari jaringan global wirausaha sosial muda. Semua tim benar-benar menginspirasi dengan upaya mereka untuk membuat perubahan dan kami merasa terhormat bisa terpilih ke tahap selanjutnya.”

Bhavya Singh, Founder Built Empathy dari India, mengatakan, “Melalui program YSE, kami dipertemukan dengan lanskap perusahaan sosial di luar India. Kami diperkenalkan dengan para pemain pasar dari Singapura dan di seluruh dunia dan memperoleh wawasan berharga dalam mengelola perusahaan sosial.  Hal ini merupakan perjalanan yang dapat memperkaya ilmu untuk sebuah tim, dan kami berharap dapat mencapai hal-hal hebat dalam beberapa bulan mendatang saat kami bekerja dengan mentor kami.”

Sejak 2010, program YSE memberikan kesempatan untuk kaum muda dari berbagai belahan bumi untuk mengubah dunia. Mereka mempelajari keterampilan baru yangmemberdayakan mereka dalam membentuk dan memperkuat model bisnisnya, dan di  saat bersamaan, dapat membangun jaringan profesional untuk potensi kolaborasi dan pertumbuhan berkelanjutan.

Program khusus dari SIF ini telah membina lebih dari 1.200 alumni di 39 negara, dan memiliki jaringan 525 perusahaan sosial di Singapura dan sekitarnya. Berdasarkan studi dampak yang dilakukan pada tahun ke-10, 75 persen wirausaha sosial telah tumbuh dari tahap permulaan ke tahap rintisan (start-up) dan seterusnya, setelah bergabung dengan program YSE, dengan 70 persen alumni YSE yang terpilih masih aktif dalam menciptakan dampak sosial yang positif dan 86 persen dari tim yang didanai masih beroperasi.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article