Dengan lebih dari 50 pemberian dana hibah yang diberikan di 30 negara dalam fase perdana ini, program ini memperluas ambisi positif perusahan di masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan semua orang yang terhubung dengan Starbucks.
Ini dibangun di atas inisiatif lain dari The Starbucks Foundation – termasuk pemberian dana hibah di negara asal penghasil komoditas dan dana hibah tanggap bencana – yang berfokus pada pemberdayaan ketahanan masyarakat dan kemakmuran serta mengangkat masyarakat yang terkena dampak bencana.
“Sejak awal, Starbucks lebih dari sekadar kopi. Kami adalah perusahaan dengan aspek kemanusiaan, didorong oleh Misi kami untuk menginspirasi dan memelihara semangat kemanusiaan semua individu yang terhubung dengan Starbucks,” ujar Michael Conway, presiden grup, group president, International and Channel Development at Starbucks and board member of The Starbucks Foundation.
“Partner kami mengenal lebih baik komunitas mereka, dan kami bangga bekerja bersama mitra bisnis pemegang lisensi kami di seluruh dunia untuk memperdalam dampak kolektif kami dan berinvestasi dengan cara yang berarti yang akan membantu masyarakat dan komunitas yang sedang berkembang.”
Fase perdana pemberian dana hibah ini menandai perayaan tahunan Starbucks Global Month of Good ke-12, bulan yang menyatukan partners dan pelanggan untuk membantu memperkuat komunitas. Dalam rangka memeriahkan kampanye tahunan ini, SCI juga telah melakukan berbagai kegiatan seperti bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, untuk membuat kompos dari sisa ampas kopi.
Sejak pembukaan gerai pertama di Plaza Indonesia 20 tahun lalu, sebagai bagian dari komitmen global Starbucks untuk menciptakan dampak positif bagi komunitas yang dilayaninya, Starbucks secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang mengangkat masyarakat. Community Store pertama di lingkungan Tanah Abang Jakarta dibuka pada 2020 untuk mendukung penciptaan peluang pendidikan bagi kaum muda di Tanah Abang, diikuti oleh kegiatan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) untuk mendukung pemberdayaan kaum muda sejak 2019.
Lebih dari 500.000 benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in The Cup bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara. Dan sebagai apresiasi kepada para personil garis depan penaggulangan wabah Covid-19, lebih dari 50.000 cangkir minuman telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi.
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai program pemberian dana hibah yang berdampak komunitas secara global kunjungi Starbucks Stories.
Tentang Starbucks
Sejak 1971, Starbucks Coffee Company telah berkomitmen untuk mencari dan mengolah kopi arabika berkualitas tinggi secara etis. Saat ini, dengan gerainya yang berada di seluruh dunia, perusahaan ini adalah roaster utama dan peritel kopi spesial di dunia. Melalui komitmen teguh Starbucks terhadap keunggulan dan panduan prinsip Starbucks, kami menghadirkan Starbucks Experience yang unik untuk setiap pelanggan melalui setiap cangkir yang disajikan. Untuk berbagi pengalaman, silakan kunjungi gerai kami, secara online di Starbucks.com, ataupun melalui Starbucks Stories.
Tentang The Starbucks Foundation
Starbucks Foundation memperkuat kemanusiaan dengan mengubah kehidupan di seluruh dunia, dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat dan kemakmuran serta mengangkat masyarakat yang terkena dampak bencana. Didirikan pada 1997, The Starbucks Foundation adalah organisasi amal yang tercatat di Section 501(c )( 3) di bawah hukum AS.
Tentang PT Sari Coffee Indonesia
PT Sari Coffee Indonesia berdiri berkat kemitraan antara Starbucks® Coffee Company dan PT Mitra Adiperkasa Tbk., salah satu peritel barang-barang bermerek dan department store paling dikenal di negara ini. Di Indonesia, semua makanan dan minuman yang dijual di seluruh gerai Starbucks telah bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Untuk berbagi pengalaman, silakan mengunjungi gerai kami atau secara online melalui starbucks.co.id.