Sabtu, Februari 4, 2023

Bestiari

Must read

Di luar Eropa, monster berkeliaran mengeriap, laut melenguh, dan bumi terbakar. Beberapa pengelana berhasil mengatasi rasa takut mereka. Setelah kembali, mereka menyampaikan cerita. Odoric Pordenone, yang memulai perjalanan pada 1314, melihat burung berkepala dua dan ayam betina diselimuti wol, bukan bulu.

Di Laut Kaspia, domba hidup muncul dari kuntum tanaman. Di Afrika, orang Pigmi menikah dan beranak ketika mereka berumur enam bulan.

John Mandeville mengunjungi pulau-ulau Timur pada 1356. Di sana ia melihat orang-tanpa tanpa kepala yang makan dan berbicara lewat mulut terbuka di dada, dan ia juga melihat orang berkaki satu yang kadang digunakan sebagai parasol atau payung. Penghuni pulau Tacorde, yang hanya makan ular hidup, tidak bicara. Mereka mendesis.

Pada 1410, Kardinal Pierre d’Ailly menggambarkan Asia berdasar cerita para pengelana. Di pulau Taprobane ada gunung-gunung emas, yang dijaga oleh naga dan semut sebesar anjing.

Antonio Pigafetta berkeliling dunia pada 1520. Ia melihat pohon-pohon yang daunnya  berkaki, dan saat siang hari kaki-kaki itu melompat lepas dari dahan-dahannya dan pergi berjalan-jalan. 

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article