Sabtu, Februari 4, 2023

Bisnis yang berpotensi besar di masa depan

Must read

Oleh Abid Ra

Saat memulai bisnis, tidak ada salahnya kita memprediksi usaha yang menjanjikan di masa depan. Memang, masa depan tidak ada yang tahu persis, apalagi kalau dihubungkan dengan ide bisnis yang mempunyai potensi besar. Dari hasil pengamatan saya dan beberapa artikel yang saya baca. Ke depan bisnis yang berpotensi besar akan mengarah ke teknologi semuanya.

Berdasarkan pengamatan saya, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Internet of Things (IOT)

IOT sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata.

Contoh dari IOT adalah orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, sebuah mobil yang telah dilengkapi sensor built-in untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah.

  • Security and privacy

Ini menurut saya ya, bisnis tentang security and privacy lebih kearah keamanan dan perlingan privasi kita nantinya. Mungkin akan sukses ke depan jika di antara Anda mengembangkan software atau aplikasi yang dapat mengamankan data.

Contohnya mungkin touch id pada Macbook versi terbaru. Jika saja Anda dapat mengolah satu sumber bisnis itu saja saya rasa sangat menguntungkan.

  • Drones and autonomous vehicles

Tau dong drone? Iya itu, pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan komputer atau remote control, yang bisa digunakan untuk membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. Beberapa brand terkenal drone di antaranya ada DJI.

  • Artificial Intelligence and software bots

AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang mana kecerdasan ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial.

Salah satu contohnya yaitu itu AI pada Spotify ketika menyarankan mixing lagu.

Foto oleh Field Engineer dari Pexels
  • Self service automation

Kalau yang ini sebenarnya saya kurang tahu persisnya. Tapi sepenangkapan saya kurang lebih bisnis ini yang bisa dikembangkan ke ara pembenaran sesuatu secara otomatis.

  • Mobile apps for communications, collaboration and reporting

Bisnis aplikasi komunikasi untuk smartphone. Contohnya Slack, Asana, dan lain-lain. Kurang lebih begitu.

  • Robotics in manufacturing and service

Kalau bisnis ini yang berhubungan sama robotic. Ya, siapa yang tahu kalau beberapa tahun ke depan ada robot yang bisa bantu pekerjaan rumah, misalnya.

Abid Ra – CEO di Axelara Group (2019 – sekarang)

Sumber: QUORA

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article