Sabtu, Februari 4, 2023

Ibu pengatur tatakrama

Must read

Pada tahun 1901, sehari setelah Ratu Victoria menghembuskan nafas terakhir, upacara pemakaman yang khidmat dimulai di London.

Menyelenggarakan upacara itu bukanlah tugas yang mudah.  Sebuah upacara perpisahan yang megah harus diadakan untuk seorang ratu yang namanya menjadi penanda sebuah jaman; dan yang menentukan standard bagi pelepasan diri seorang perempuan yang ditinggal mati suami dengan cara mengenakan pakaian hitam selama 40 tahun.

Victoria, simbol Kemaharajaan Inggris, nyonya dan ibu abad 19, yang berhasil memaksakan opium ke Cina dan kebajikan bagi negerinya sendiri.

Di jajaran Kemaharajaan Ratu Victoria, pekerjaan mengajarkan tatakrama mengharuskan adanya bacaan. Buku etiket karangan Lady Gough, yang diterbitkan pada 1863, menetapkan aturan sosial untuk masa itu: orang harus menghindari, misalnya, kedekatan yang tidak pantas antara pengarang lelaki dan perempuan di rak-rak buku perpustakaan. 

Buku-buku yang bisa ditempatkan berdekatan hanya jika pengarangnya adalah pasangan yang menikah, seperti kasus Robert Browning dan Elizabeth Barrett Browning.

Children of the Days

Eduardo Galeano

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article