Jumat, Mei 31, 2024

IRRA hadirkan mesin hemodialisis Sansin

Must read

Dukung pemerataan akses kesehatan ginjal di Hari Ginjal Sedunia

Penyakit ginjal diperkirakan memengaruhi lebih dari 850 juta orang di seluruh dunia dan mengakibatkan lebih dari 3,1 juta kematian pada tahun 2019. Sayangnya, sebagian besar dari penderita penyakit ini adalah penyakit ginjal kronis (PGK).

Kini, penyakit ginjal menduduki peringkat ke-8 penyebab kematian utama di dunia dan ke-10 di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu per tahun. Jika tidak ditangani dengan optimal, penyakit ginjal diproyeksikan dapat menjadi penyebab utama kematian peringkat ke-5  di dunia pada tahun 2040.

Kondisi ini tentu sangat disayangkan, mengingat ginjal berperan penting dalam mengatur keseimbangan elektrolit dan menyaring zat-zat berbahaya dari dalam darah, termasuk racun. Karenanya, masyarakat diimbau untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit ginjal dengan melakukan pemeriksaan secara berkala setiap satu tahun sekali, terutama bagi penderita penyakit diabetes, hipertensi, dan obesitas, yang memiliki gaya hidup perokok, serta  memiliki riwayat keluarga penderita penyakit ginjal.

Ketika dokter menilai ginjal tak lagi berfungsi optimal, maka pasien dapat dianjurkan untuk segera mendapatkan perawatan lanjutan. Salah satunya adalah dengan prosedur cuci darah menggunakan mesin hemodialisis yang dapat menyaring limbah pada darah di luar tubuh.

Memahami betapa krusialnya ketersediaan alat hemodialisis, PT Itama Ranoraya Tbk (“IRRA”), perusahaan yang bergerak di bidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi, telah mendistribusikan produk hemodialisis Sansin W-T2008-B kepada beberapa rumah sakit.

Sejak memulai distribusi mesin hemodialisis pada Desember 2023, Perseroan telah berhasil menjangkau sejumlah fasilitas kesehatan di berbagai daerah dan berencana untuk terus memperluas jangkauan pasar.

Heru Firdausi Syarif, Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk menyebut “Hemodialisis tetap menjadi salah satu metode utama dalam pengelolaan penyakit ginjal kronis. Pada mesin hemodialisis ini terdapat bagian-bagian yang dapat menyaring darah pasien untuk membuang urea, kreatinin, asam urat, dan kelebihan air, dan mempertahankan atau mengembalikan sistem buffer tubuh, kadar elektrolit tubuh, serta memperbaiki status kesehatan penderita.”

“Dengan memahami manfaat-manfaat tersebut, Perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi terbaik bagi perawatan terhadap penyakit ginjal ini. Harapan kami, distribusi ini dapat berkontribusi meningkatkan akses terhadap perawatan berkualitas dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article