Jumat, April 26, 2024

Kebijakan berfokus pada kelangsungan hidup rakyat

Must read

Setelah WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia, setiap kali sedang merumuskan atau menentukan kebijakan, saya selalu berfikir untuk membuat kebijakan yang fokus kepada pencegahan dan penanggulangan wabah ini.

Seperti yang kita semua tahu bahwa Presiden Joko Widodo telah menetapkan Pembatasan Sosial dengan Skala Besar yang berfokus pada keberlangsungan hidup seluruh masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kebutuhan di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia.

Seperti misalnya, kebijakan terkait arus mudik ketika Idul Fitri nanti yang masih saya kaji secara serius mengingat masa pandemik seperti sekarang.

Kita sungguh beruntung dipimpin oleh seorang kepala negara yang mengecap asam garam kehidupan rakyat Indonesia pada umumnya, saya lihat benar-benar tercermin pada setiap pengambilan keputusan bagaimana Presiden Joko Widodo selalu berfokus pada keberlangsungan hidup rakyat bawah.

Kami tidak ingin kejadian di negara lain seperti di India yang kita saksikan bersama mengalami masalah dalam penerapan kebijakannya, terjadi di Indonesia. Karena itulah, saya ingin pembatasan sosial dan fisik harus tetap berlangsung dan mereka yang tidak sanggup bekerja dan berpenghasilan di masa-masa sulit ini, masih bisa bertahan hidup dengan bantuan dari pemerintah.

Pandemi Covid-19 ini tidak hanya mengancam kesehatan seluruh penduduk dunia, tetapi juga mengancam kehidupan ekonomi dan sosial warga dunia. Melihat fenomena ini, pemerintah tidak ingin semakin mempersulit kondisi kehidupan rakyat dengan hanya melihat pada satu permasalahan saja.

Namun, bukan berarti pemerintah lambat mengambil keputusan, kita ingin pastikan rakyat Indonesia seluruhnya terlindungi oleh jaring pengaman sosial untuk masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok dan menjaga daya belinya.

Saya berharap kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol-protokol kesehatan yang terpercaya, serta yang terpenting adalah mencari informasi dari sumber yang akurat sehingga kita mampu bersatu dan berjuang melewati badai pandemi ini bersama-sama.

Luhut B. Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article