Selasa, Mei 28, 2024

Linus Pauling

Must read

Ketika ia menuruni tangga spiral di atas sebuah kapal, terpikir olehnya bahwa molekul protein beredar sama, secara spiral dengan landasan berombak. Pikiran itu ternyata menjadi sebuah terobosan ilmiah.

Ketika ia menemukan bahwa kendaraan bermotorlah yang menyebabkan ia batuk-batuk tak henti di kota Los Angeles, ia menciptakan mobil listrik, yang ketika itu jeblok di pasaran.

Ketika ia menderita penyakit ginjal dan obat-obatan tidak menolong, ia membuat resep sendiri yang terdiri atas makanan sehat dan gelontoran vitamin C. Ia sehat kembali.

Ketika bom meledak di Hiroshima dan Nagasaki, ia diundang untuk berbicara di konferensi ilmiah di Hollywood. Dan ketika menyadari ia tidak bisa mengatakan apa yang ingin dikatakannya, ia memimpin kampanye global menentang senjata nuklir.

Ketika ia menerima Hadiah Nobel untuk yang kedua kali, majalah Life menentang, menyebutnya penghinaan kepada semua warga Amerika. Ketika itu pemerintah Amerika Serikat, yang curiga ia simpatisan komunis, atau mungkin karena ia menyatakan bahwa Tuhan adalah ide yang tidak berguna, dua kali mencabut paspornya.

Namanya Linus Pauling. Ia lahir berbarengan dengan mulainya abad keduapuluh.

Children of the Days
Eduardo Galeano

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article