Jumat, April 19, 2024

Maserati peringati kemenangan Tipo 300S di GP Venezuela

Must read

Siksa Kubur

Pada 6 November 1955, Maserati Tipo 300S, bersama dengan Juan Manuel Fangio di belakang kemudi, menjadi yang pertama mengambil bendera kotak-kotak di GP Venezuela, menandai dimulainya dua tahun kesuksesan besar yang mendorong reputasi Trident Brand di tingkat internasional.

Hari ini Maserati memperingati kemenangan penting ini, untuk menggarisbawahi hubungannya yang kuat dengan dunia balap motor.

Faktanya, Maserati lahir di trek, dari satu set DNA balap yang unik, dan dari keberanian, pertama dari Maserati bersaudara, dan kemudian para pembalapnya. Sebuah tradisi dan sejarah kemenangan di jalan raya dan sirkuit di seluruh dunia, di mana kemenangan Trident menjadikannya pembawa standar keunggulan Italia.

Balapan selalu menjadi habitat alami Maserati: dalam persaingan itulah mitosnya mulai bermunculan, dan bahkan sekarang, dengan Era barunya, brand ini mulai dari akarnya untuk membangun masa depan. Supercar MC20 baru akan menandai kembalinya Maserati ke dunia balap.

Maserati Tipo 300S

Tipo 300S dibuat pada tahun 1955 sebagai evolusi dari 250S kursi tunggal, dan itu adalah simbol Maserati dalam balap internasional hingga 1959.

Sudah pada tahun 1954, dengan pengembangan prototipe 250S yang dilengkapi dengan mesin 2.5 liter 230 hp yang berasal dari unit yang dipasang pada pembalap 250F yang digunakan di F1, staf teknis Maserati mulai bekerja meningkatkan perpindahan dan output tenaga. Hasilnya adalah enam unit 3.0 liter, lebih bertenaga dan berkinerja lebih tinggi tetapi dengan tekanan mekanis yang lebih sedikit karena rasio kompresi yang lebih rendah dan rpm yang sangat rendah, terlepas dari kecepatan piston yang lebih tinggi.

Arsitektur dan detail mesin lainnya sama dengan enam unit 2.5 liter lurus, termasuk dua camshaft overhead dan pengapian ganda: konsep konstruksi grand prix telah dipindahkan ke mobil sport, dan di masa depan mekanik yang sama juga akan melakukannya, diadopsi untuk produksi standar.

Dari sudut pandang teknik, 300S adalah mahakarya yang sesungguhnya: tempat duduk dengan katup berdiameter tinggi dan relung untuk dua busi untuk pengapian ganda terlihat jelas di ruang bakar setengah bola mesin. Suspensi depan terdiri dari wishbones ganda dan pegas heliks dengan peredam kejut teleskopik koaksial. Akhirnya, brake drum adalah karya nyata dari kecerdikan: pengecoran paduan ringan memiliki sirip radial dan lubang untuk penyebaran panas.

Kerangka mobil juga dimodifikasi untuk merespons tekanan yang lebih besar yang berasal dari peningkatan bobot, dengan teralis berbentuk tabung oval dan bulat.

Konfigurasi eksternal, dengan bodywork oleh Fantuzzi dan garis mobil sport, kokoh namun proporsional dan menarik. Air scoop depan yang besar membawa trisula tradisional yang dibingkai oleh profil aluminium, dan jok pengemudi dilindungi oleh kaca depan kecil.

Ventilasi bersirip ditampilkan di samping untuk mencegah udara tersendat di ruang engine. Pipa knalpot kembar menjalar ke bagian bawah sisi kiri, berakhir di dekat roda belakang. Terakhir, buntutnya lebih besar karena menyembunyikan tangki bahan bakar 150 liter, tangki oli samping 20 kg, dan roda cadangan.

Pada pertengahan 1950-an teori baru aerodinamika sedang dikembangkan, dan oleh karena itu bodywork 300S mengalami serangkaian peningkatan gaya selama masa pakainya untuk meningkatkan efisiensinya.

Melihat kembali karir balap, dalam acara debutnya pada tahun 1955, 300S segera mengungkapkan kehebatannya dalam persaingan, dan keberhasilannya di trek dikonfirmasi dengan banyaknya pesanan yang dilakukan oleh tim balap dan pembalap yang terhormat.

Giulio Alfieri memperkenalkan serangkaian perbaikan eksperimental pada mobil untuk membuatnya semakin kompetitif – seperti injeksi bahan bakar – dan sangat sukses di balapan Italia dan internasional, menjadi mobil merek terbaik dalam acara kategori olahraga selama dua musim.

Pada tahun 1955, Tipo 300S memenangkan GP Venezuela dengan Juan Manuel Fangio sebagai pengemudinya, tetapi 1956 adalah tahun kemenangan terbesarnya, dan ketika ia gagal merebut kejuaraan dunia mobil sport.

Keandalan mesinnya dan respons yang sempurna dari sasisnya adalah dua fitur utama yang memungkinkan Tipo 300S mencapai kesuksesannya yang memang layak.

Di mobil 300S, pada tahun 1956, Stirling Moss dan Carlos Menditeguy memenangkan Buenos Aires 1.000 km, dan Pietro Taruffi menang di Giro di Sicilia (juara 1 di kelas dengan 3.000 cc) dan Targa Florio (nomor 1 di kelas dengan 2.000 cc), Jean Behra di Balapan Sirkuit Bari dan Castelfusano, dan Franco Bordini di Five Hours of Messina. Pada tahun yang sama, mobil tersebut sukses di 1.000 km di Nürburgring, dengan Stirling Moss, Jean Behra, Pietro Taruffi dan Harry Schell bergantian mengemudikannya.

450S baru yang lebih bertenaga diperkenalkan pada tahun 1957, meskipun 300S tetap diproduksi hingga tahun 1959.

Jumlah total mobil Tipo 300S yang dibuat dari tahun 1955 hingga 1959 adalah 27.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article