Selasa, Mei 28, 2024

Merintis diplomasi keagamaan dengan China

Must read

(Catatan Kunjungan Kerja Wapres ke Tiongkok 14-19/09/2023)

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, menjadi imam shalat jamak taqdim Dzuhur Ashar di Masjid Pudong Shanghai, China, Senin (18/9/2023).

Aktivitas ini tidak tertulis dalam agenda resmi kunjungan kerja Wapres ke Tiongkok 14-19 September 2023. Keputusan untuk melaksanakan shalat di masjid, ditetapkan saat Wapres beserta rombongan terbatas jalan pagi di seputar Hotel Marriott, Shanghai.

Seusai shalat, wartawan menanyakan kesan Wapres. KH Ma’ruf Amin, merasa nyaman melaksanakan ibadah fardhu di masjid tersebut. “Masjidnya bersih, rapi, cukup luas dan letaknya sangat representatif, di pinggir jalan utama, bukan di pojokan gang,” ujarnya.

Masjid-masjid kuno di Shanghai

Tak terlalu sulit menemukan masjid di Shanghai. Mengutip Chinahighlights.com, di kota tersibuk di China ini, setidaknya ada lima masjid besar. Masjid Pudong Shanghai, adalah salah satunya.

Terletak di Distrik Yuansheng Road 375, Pudong, masjid Pudong Shanghai luasnya 1.650 meter persegi. Dibangun pada tahun 1935, dengan menara setinggi 36 meter, menjadikan masjid ini memiliki rekor sebagai masjid dengan menara tertinggi di Shanghai.

Gerbangnya menghadap ke utara dengan halaman cukup luas untuk parkir puluhan mobil. Di sebelah barat halaman, terdapat musala yang mampu menampung sekitar 100 orang saat shalat berjamaah. Di sebelah selatan aula terdapat ruang imam, rumah air, dan kantor. Di dekatnya ada  toko-toko yang menjual buku pelajaran Islam dan makanan halal.

Sementara, masjid tertua di Shanghai adalah Masjid Songjiang, yang terletak di Distrik Songjiang, Gangbeng Alleyway 21. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1364-1367 menjelang akhir periode Yuan, pada masa Dinasti Ming (1368-1644). Pada masa Dinasti Qing (1644-1911) masjid ini beberapa kali direnovasi.

Dialog: Majelis Taklim Masjid Shanghai Pundong nercakap dengan KH Ma’ruf Amin

Masjid Songjiang dikenal sangat artistik. Arsitekturnya memadukan kultur Islam dan Tiongkok. Bentuk kubah mirip masjid Arab klasik, sedang kolom dipengaruhi gaya bangunan khas Tiongkok dinasti Ming dan Qing.

Bangunan induk terdiri dari aula utama, musala, koridor, dua ruang pengajaran, dan tempat berwudlu. Di masjid ini ada prasasti yang berasal dari masa pemerintahan empat kaisar: Kang Xi , Jia Qing, Dao Guang, dan Tong Zhi.

Masjid tua lain di Shanghai, ada  di  jalan Fuyou. Namanya  Masjid Jalan Fuyou. Dibangun pada tahun kesembilan Tongzhi, atau tahun 1870, pada masa Dinasti Qing (1644-1911). Masjid dengan arsitektur bergaya istana Tiongkok ini, di masa lalu merupakan pusat politik, agama, dan budaya bagi umat Islam.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article