Sabtu, Februari 4, 2023

Perempuan-perempuan Amazon

Must read

Orang-orang Amazon, para perempuan yang menakutkan, bertarung melawan Hercules ketika ia masih Heracles, dan melawan Achilles di Perang Troya. mereka membenci lelaki dan memotong buah dada kanan supaya panah mereka melesat lurus.

Sungai raksasa yang membelah tubuh Amerika dari satu sisi ke satunya disebut Amazon, nama yang diberikan oleh penakluk dari Spanyol, Francisco de Orellana.

Ia orang Eropa pertama yang mengarungi sungai tersebut, dari pedalaman terjauh sampai ujung luarnya di arah laut. Ia kembali ke Spanyol tanpa satu mata dan menceritakan bahwa para pendekar perempuan, yang bertempur telanjang dan mengaum seperti binatang buas, menghujani anjungan kapalnya dengan anak panah.

Ketika sedang haus cinta, mereka menculik laki-laki, mencium mereka sepanjang malam, dan mencekiknya saat fajar.

Dan untuk memoles ceritanya agar punya kilau Yunani, Orellana bilang bahwa mereka adalah perempuan Amazon yang menyembah dewi Diana. Ia menamai sungai yang di bawah kekuasaan para perempuan Amazon itu dengan nama mereka.

Berabad telah berlalu. Perempuan-perempuan Amazon hilang dari percaturan. tetapi sungainya masih menyandang nama mereka, dan walaupun setiap hari diracun dengan pestisida, pupuk kimia, merkuri dari tambang, dan tumpahan minyak kapal, airnya tetaplah yang terkaya di dunia dengan ikan, burung, dan dongeng.

Mirrors
Eduardo Galeano

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article