Sabtu, Februari 4, 2023

Potret keluarga di Roma

Must read

Selama tiga abad, neraka adalah Roma dan iblis kaisarnya. untuk menyenangkan publik, mereka melemparkan para penganut Kristen ke kandang singa yang lapar di kolong Coliseum. Makan siang itu selalu menjadi tontonan yang tidak pernah dilewatkan.

Menurut ahli sejarah Hollywood, Nero yang terburuk. Mereka bilang, ia menyalib Santo Petrus rasul dengan kepala di bawah, dan ia membakar kota Roma agar orang-orang Kristen yang disalahkan. Dan ia melanjutkan tradisi imperial yang selalu menumpas habis seluruh anggota keluarga.

Ia memberikan pencahar mematikan kepada bibinya, Lepida, yang mengasuhnya, dan dengan menggunakan jamur beracun mengucapkan selamat tinggal selamanya kepada saudara tiri lelakinya, Britannicus.

Setelah dinikahinya, Octavia saudara tirinya, dikirimnya ke pengasingan dan diperintahkannya untuk dicekik sampai mati. Menduda dan bebas, ia merayu Popea yang cantik tiada tara, yang dijadikannya permaisuri sampai ia bosan dan dengan sekali tendang dikirimnya ke akhirat.

Agripina menjadi yang tersulit untuk dibunuh. Nero berhutang budi kepadanya karena ia dilahirkan dari rahimnya, dan juga karena Agripina telah meracun suaminya, Kaisar Claudius, agar Nero, anak lelaki tersayangnya, naik tahta.

Tetapi Agripina, ibu tercinta, tidak membiarkannya memerintah dan setiap ada kesempatan ia masuk ke tempat tidur Nero, berpura-pura tidur. Melenyapkannya tidak mudah. Bagusnya, ibu hanya seorang.

Nero merusak kesehatan ibunya dengan ramuan beracun yang sebelumnya dicobakan kepada budak dan binatang, ia membuat atap di atas tempat tidurnya runtuh, melubangi lambung kapalnya … sampai akhirnya ia berhasil mengadakan perkabungan untuknya.

Setelah itu ia membunuh Rufrius Crispinus, anak lelaki Popea, yang sangat ingin menjadi kaisar.

Kemudian, ia menggorokkan belati ke lehernya sendiri, satu-satunya anggota keluarga yang tinggal.

Eduardo Galeano
Mirrors

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article