Jumat, Januari 27, 2023

SGI, dengan Cable Barge Nostag-10 gaet proyek global

Must read

Bekerja sama dengan G8 Subsea PTE LTD, SGI mengerjakan proyek penggelaran kabel power untuk Singapore Power.

Sudah banyak perusahaan Indonesia yang berkiprah di dunia global. PT Sarana Global Indonesia (SGI) salah satunya. Melalui anak perusahaannya, PT Nostag Nusantara Mardika, SGI yang berkantor pusat di Jakarta ini mendapatkan proyek untuk membentangkan submarine power cable sepanjang 10 kilometer dari Senibong (Malaysia) ke Senoko (Singapura).

SGI dan G8 Subsea PTE LTD bekerja sama dalam mengerjakan proyek penggelaran kabel power dari untuk Singapore Power, dengan nama proyek: TNB-SPPA Cable Installation Project at East Johor Strait. Proyek senilai USD 2,5 juta ini ditandatangani pada 16 Agustus 2019.

Kabel tersebut diproduksi oleh perusahaan kabel asal Korea Selatan (LS Cable), dan kapal yang digunakan untuk menggelar kabel power tersebut adalah kapal jenis bare dengan nama Nostag-10 (N-10) milik SGI.

Nostag-10 dan peralatan yang ada di kapal tersebut sangat memadai untuk melaksanakan proyek penggelaran kabel power ini. Sebetulnya tidak hanya menyediakan kapal N-10, SGI juga menyediakan marine crew dan project crew untuk melakukan penggelaran submarine power cable tersebut, di mana metode penanaman kabel laut dengan menggunakan vertical injector.

“Proyek ini sangat menguntungkan buat SGI dari segi komersial dan juga dapat membuat nama SGI dikenal di kawasan Asia Tenggara. Di sisi lain, pihak customer juga diuntungkan karena pekerjaan proyek ini dilakukan dengan cable barge dan peralatan yang tepat, sehingga penggelaran submarine power cable bisa dilaksanakan dengan baik,” jelas Chandra Arie Setiawan, President Director of SGI.

Hal senada juga diungkapkan Gerald Tan, Managing Director G8 Subsea.”Kami merasa confident dalam mengerjakan proyek ini, karena spesifikasi dan tools yang dimiliki cable barge N-10 adalah yang paling tepat. Harapan kami akan terus bisa bekerja sama dengan pihak SGI karena selain memiliki N-10, SGI juga didukung oleh tim proyek dan manajemen yang baik,” katanya.

Markus Spiske (Unsplash)

Tentang PT Sarana Global Indonesia (SGI)

PT Sarana Global Indonesia didirikan pada April 2000 sebagai kontraktor dan pengadaan di bidang telekomunikasi industri jasa, kemudian berkembang menjadi perusahaan engineering, procurement and construction (EPC) pada tahun 2010.

Layanan SGI mencakup semua aspek mulai dari studi kelayakan awal untuk skenario rekayasa rinci, dari proyek kick-off untuk commissioning, dan dari evaluasi proyek untuk pemeliharaan. SGI mempunyai produk-produk unggulan berupa kabel bawah laut, komunikasi elektronik, dan kontraktor umum. Perusahaan ini bekerja sama dengan ASEAN Cableship Pte.Ltd (ACPL) Singapura dalam persiapan solusi teknik untuk mendukung pemasangan kabel listrik bawah laut Batam – Bintan.

Selain itu SGI mendukung beberapa perusahaan, di antaranya:

  1. PT Triasmitra Globalmarine Indonesia, yang memperluas konsentrasi SGI dalam kegiatan penyelamatan bawah air yang didirikan pada tahun 2009
  2. PT Jala Nusantara Mardika, yang memperluas kemampuan kami untuk pemasangan kabel bawah laut dan perawatan dengan menggunakan cable ship Pacific Guardian
  3. PT Nostag Nusantara Mardika, yang memperluas kemampuan kami untuk pemasangan kabel power dengan menggunakan cable barge Nostag-10.

SGI mendapatkan afiliasi profesional dan standar peralatan dari:

  1. A registered company in SEACOM Salvage and Under Water Activities
  2. Awarded the International Jointer Certification
  3. A Certification in Project Management Body of Knowledge
  4. A Certified ISO 9001: 2008 and OHSAS 18001: 2007 Company
  5. A fleet of survey vessels and Geophysical survey equipments
Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article