Sabtu, Juni 3, 2023

8 lead magnet penarik perhatian pelanggan

Must read

Konsumen ‘zaman now’ berbeda dengan era-era sebelumnya. Sekarang mereka lebih skeptikal, lebih suka membandingkan, dan lebih berhati-hati. Hal inilah yang menyebabkan kenapa menjual produk atau layanan secara langsung terlihat sangat sulit dan Andapun bisa merasakannya ketika Anda mempublikasi iklan di media sosial.

Oleh karena itu, marketer mengambil strategi baru dan salah satu cara yang paling sering mereka lakukan adalah dengan menawarkan lead magnet.

Lead magnet adalah tawaran yang ditawarkan secara GRATIS dengan harapan untuk mendapat sesuatu dari konsumen yang nantinya bisa di-follow up seperti email atau nomor telepon.

Tujuan dari lead magnet ini adalah membangun kepercayaan dan pengalaman sehingga konsumen lebih percaya terhadap tawaran produk utama ketika waktu follow up nanti.

Semakin canggihnya zaman, semakin banyak jenis lead magnet. Untuk itu, Anda yang ingin menarik perhatian pelanggan, berikut ini merupakan 8 jenis lead magnet yang terbukti efektif dalam menarik pelanggan:

1. E-book

E-book adalah lead magnet yang paling sering Anda temui karena e-book gampang dibuat dan buktinya, di website manapun, Anda menemui tawaran untuk mendapat e-book gratis.

Kepopuleran e-book tentu memiliki kekurangannya sendiri, yakni terlalu umum sehingga e-book Anda tidak dianggap berharga.

Untuk itu, kalau Anda mau membuat e-book, pastikan:

  • Hanya mengandung konten yang bermanfaat.
  • Berikan alasan kenapa pengunjung harus menggunakan e-book Anda.
  • Didesain secara profesional.

2. Seminar atau webinar

Seminar atau webinar bisa menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan audiens yang minatnya sudah sama dengan anda sehingga proses follow up-nya bisa lebih sukses. Keuntungan lain dari seminar atau webinar adalah Anda bisa menggunakan rekamannya untuk dijadikan sebagai lead magnet lain.

PEXELS

3. Kupon diskon

Kupon diskon merupakan lead magnet paling tua karena penggunaannya sudah ada sejak zaman tradisional marketing, bahkan sebelum TV digunakan untuk pemasaran.

Di zaman digital, penggunaan kupon masih kuat dan lebih mudah digunakan karena Anda hanya perlu menulis namanya kupon dan pajang di toko online

4. Free trial

Free trial merupakan cara cerdik dan paling efektif untuk membangun kepercayaan dan niat beli.

Karena selama penggunaan free trial, pengguna akan merasakan pengalaman bersama produk dan biasanya mereka akan rindu untuk menggunakan produknya ketika masa trial-nya sudah habis sehingga mereka lebih mau untuk membeli versi full.

Ada tiga jenis free trial, yakni:

  • Free trial berdasarkan durasi tertentu.
  • Demi versi terbatas.
  • Versi premium yang gratis dan berbayar.
Pexels

5. Seri panduan

Orang suka melakukan sesuatu yang baru termasuk melakukan sesuatu yang sulit seperti merakit radio sehingga Anda bisa menggunakan kesukaan mereka sebagai lead magnet yang berupa email atau video.

Ketika ingin membuat seri panduan, fokus pada suatu topik dan pisah menjadi 3-7 bab.

6. Swipe file

Swipe file merupakan kumpulan atau koleksi template yang sudah dicoba dan berhasil. Swipe file lebih menarik karena orang lebih mau mendapat sesuatu yang sudah teruji daripada mencoba sesuatu yang baru.

7. Komunitas eksklusif

Komunitas eksklusif bisa menarik rasa penasaran karena orang-orang akan membuktikan kepada dirinya kalau mereka memenuhi kualifikasi untuk memasuki suatu grup, tetapi pastikan kalau Anda mengolah komunitasnya secara aktif dan isi konten yang berkualitas.

Jadi, mengatakan tidak terkadang bisa menjadi cara untuk mendapat lebih banyak perhatian.

8. Aplikasi atau tool

Aplikasi atau tool merupakan produk software yang sulit dibuat sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai lead magnet yang lebih efektif. 

Aplikasi atau tool juga tidak perlu aplikasi besar, cukup dengan membuka kuis seperti kuis kepribadian, Anda bisa mendapat perhatian dari orang-orang.

Sumber: rajabacklink

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article