Jumat, April 26, 2024

Aku karena Kamu

Must read

Interdependent Co-Arising

Saudaraku, hari kedua bernama Senin. Dari bahasa Arab, “Itsnain” yang berarti “dua”. Bila hari pertama (Ahad; Minggu) melambangkan ketuhanan sebagai titik awal eksistensial, hari Senin merupakan langkah awal perwujudan nilai ketuhanan dalam kenyataan- kehidupan yang saling berpasangan.

Karena Tuhan dikepung “kesepian” (ketiadaan), maka Ia ciptakan dunia. Setelah itu, ketampakan (kemaujudan) menjadi pasangan dari kegaiban. Hidup berkembang dalam hukum mono-dualitas, “loro-loro ning atunggal” (dua yang menyatu): ada-tiada, benar-salah, hitam-putih, siang-malam, terang-gelap, adil-zalim, laki-perempuan, dan berbagai bentuk pasangan lainnya.

Tiada kehidupan yang dapat ditempuh sendirian. Bahkan Sang Khalik pun tak bisa dikenali tanpa kehadiran makhluknya, bagaimana kedirian bisa bertahan tanpa kehadiran yang lain. Kemandirian memang diperlukan, tetapi tidaklah sama dengan kesendirian. Demi kemandirian, individu perlu bermitra dengan yang lain, memadukan perbedaan energi jadi senyawa positif.

Hari senin adalah hari menjalin hubungan berpasangan, membangun dialog saling pengertian, saling gosok mengubah gabah jadi beras, bekerjasama demi mengarungi dan memenangkan kehidupan.

Pasangan itu ibarat besi sembrani; dalam gaya bertolak-belakang saling menarik; menautkan perbedaan jadi harmoni persatuan.

(Semedi Embun, Yudi Latif)

Sumber: IG Yudi Latif

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article