Rabu, Oktober 4, 2023

Bank OCBC NISP bukukan performa positif di tahun 2022

Must read

Sebagai bank yang sudah lebih dari 81 tahun berdiri di Indonesia, Bank OCBC NISP terus berusaha mewujudkan aspirasi nasabah individu dan bisnis dengan menyediakan solusi layanan keuangan yang komprehensif. Wujud nyata dari komitmen tersebut tercermin dari total aset Bank OCBC NISP yang tumbuh 11% YoY menjadi Rp238,5 triliun sehingga laba bersih Bank turut mencatatkan pertumbuhan 32% YoY pada tahun 2022.

Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP juga didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 14% YoY dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 25% YoY.

Peningkatan kinerja Bank juga terlihat pada sisi penyaluran kredit, yang naik sebesar 14% YoY. Kenaikan tersebut didukung oleh penyaluran kredit segmen business banking yang tumbuh 13% YoY dan retail banking tumbuh sebesar 16% YoY. Salah satu faktor pendukung kenaikan di retail banking adalah pertumbuhan kredit consumer sebesar 24% menjadi Rp21,9 triliun pada akhir 2022.

Di sisi lain, penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%. Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah Bruto juga berada di posisi yang baik pada level di atas 200%, mencerminkan bahwa Bank prudensial dalam mengelola kredit yang disalurkan.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menyampaikan “Pertumbuhan kredit Bank berbanding lurus dengan peningkatan aktivitas ekonomi serta optimisme dari sisi konsumen maupun pelaku usaha yang berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, kami senantiasa mengapresiasi semua pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada Bank OCBC NISP untuk dapat menjadi mitra perbankan dalam pengelolaan keuangan.”

Untuk simpanan nasabah, Bank juga mencatatkan kinerja positif, salah satunya dari tabungan yang meningkat 22% YoY. Artinya, inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP dalam mengajak masyarakat Indonesia lebih #financiallyfit memberikan hasil yang positif.

Pada tahun 2022, transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance dan surat berharga secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% YoY. Fee-based income dari wealth management memberikan kontribusi sebesar 30%, yang berasal dari transaksi penjualan reksadana dan bancassurance serta keuntungan dari penjualan surat berharga.

Seiring dengan pertumbuhan tersebut, Bank OCBC NISP terus memberikan nilai tambah kepada nasabah dengan menyediakan Wealth Management Advisory Team berkapabilitas tinggi yang dapat membantu nasabah dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan secara strategis, meski di tengah kondisi pasar yang bergejolak.

Pertumbuhan Transaksi Digital

Bank mencatat peningkatan aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi mobile banking, ONe Mobile – aplikasi untuk bantu menumbuhkan uang, sebesar 37% YoY. Pertumbuhan transaksi valas melalui ONe Mobile juga tumbuh pesat. Hal tersebut memperlihatkan penerimaan yang baik dari nasabah akan fitur-fitur ONe Mobile yang dapat mendukung mereka, baik untuk kebutuhan wealth management hingga transaksi sehari-hari (daily banking).

Untuk itu, Bank akan terus mengakselerasi kapabilitas digital sehingga nasabah mendapatkan manfaat terbaik guna mencapai financial goals dan membangun pendapatan pasif melalui berbagai pilihan investasi agar bisa menjadi #financiallyfit.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article