Jumat, Januari 27, 2023

CGV Cinemas hadir di Living Plaza Jababeka

Must read

Hingga November 2019, jumlah penonton CGV menembus 20 juta orang, sudah melampaui total jumlah penonton sepanjang 2018.

CGV Cinemas melanjutkan ekspansi bisnis di Bekasi dengan membuka bioskop yang di berlokasi di Living Plaza Jababeka, Jl. Niaga Raya No.2, Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. CGV Living Plaza Jababeka mulai beroperasi pada 29 November 2019, dan merupakan Cultureplex ke delapan di tahun 2019 yang dibuka CGV. Hadirnya CGV Living Plaza Jababeka menambah bioskop CGV di wilayah Bekasi, menyusul CGV Bekasi Cyber Park, Bekasi Trade Center, dan Lagoon Avenue. Hingga akhir November 2019, CGV memiliki 63 bioskop yang tersebar di 28 kota dan 15 Provinsi di Indonesia.

Dengan luas lebih dari 2.500 meter persegi, CGV Living Plaza Jababeka menawarkan pengunjung 6 auditorium dengan total kapasitas 1,025 tempat duduk yang dilengkapi dengan teknologi Audio Visual terkini. Tersedia juga konsep F&B terbaru dari CGV, Warung Mie yang menyediakan kudapan makanan dan minuman khas Indonesia dan Korea. Foyer area yang luas memberikan ruang bagi pertunjukan atau event seni budaya selain film, seperti musik, tari-tarian, atau tempat bertemu dengan rekan dan keluarga menikmati hiburan dan fasilitas yang ada.

“Kami sangat antusias untuk membawa bioskop berkelas dunia ke kota Jababeka, sekaligus memperkenalkan konsep Cultureplex yang lebih dari sekedar tempat menonton film, tapi juga ruang untuk pehelatan seni dan budaya dengan mempromosikan bakat-bakat lokal. Mudah-mudahan kehadiran CGV di Kabupaten Bekasi ini bisa memberikan alternative hiburan dan edukasi, khususnya untuk seni budaya,“ kata Hariman Chalid, Public Relation Manager CGV Cinemas Indonesia.

Tembus 20 Juta penonton 

Pengumuman pembukaan CGV Living Plaza Jababeka menyusul pertumbuhan kinerja CGV yang signifikan tahun ini dengan penambahan delapan bioskop baru periode Januari hingga November 2019. Pada laporan keuangan bulan November terungkap jumlah penonton CGV di Indonesia hingga November telah menembus 20 juta orang. Angka tersebut melampaui jumlah penonton sepanjang tahun 2018 yang mencatat 19 juta lebih penonton. Itu artinya, CGV tahun ini dipastikan akan mencatat rekor jumlah penonton tertinggi dalam sejarah CGV Cinemas Indonesia.

Kombinasi dari film hits blockbuster tahun ini diantaranya Avengers: Infinity War, The Lion King, Joker, diikuti oleh film-film nasional seperti Dilan 1991, Dua Garis Biru dan bangkitnya industri film nasional turut berkontribusi dalam peningkatan jumlah penonton tahun ini.

Disamping itu, pencapaian CGV menggaet lebih dari 20 juta penonton tahun ini diantaranya diraih dengan menambah jangkauan dan melakukan ekspansi ke berbagai kota baru yang belum ada CGV sebelumnya diantaranya, Jember, Kediri, Padang, termasuk Samarind dan Cikampek a yang dibuka bulan Desember ini. 

Pada awal bulan November, CGV melakukan re-opening untuk CGV Teras kota di BSD City, Tangerang dengan tema PlayActive Cinema pertama di Tangerang. PlayActive Cinema adalah venue yang menyatukan bioskop, aktivitas olahraga, tempat bertemu dan berinteraksi, sekaligus menawarkan pengalaman yang unik dari sekedar bioskop yang hanya sebagai tempat pemutaran film. Playactive Cinema ini masih dalam ruang lingkup konsep ‘Cultureplex’ yang diusung CGV Global yakni menjadikan bioskop tidak hanya sekedar tempat menonton, namun juga venue seni budaya, musik, olahraga, kuliner, festival film dan acara acara korporasi baik formal maupun casual lainnya. Bioskop dengan tema Playactive di CGV Teraskota ini merupakan yang kedua di CGV menyusul suksesnya Playactive Cinema CGV FX Sudirman. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari inovasi dengan menawarkan fitur hiburan dan fasilitas yang lebih lengkap seperti arena olahraga, tempat makan dan minum seperti Warung Kopi, CGV Kitchen, dan CGV Sports Bar. 

CGV juga terus berinovasi dengan mengembangkan berbagai program seni budaya yang dikombinasikan dengan isi film. Pada bulan September, CGV Central Park menjadi venue ‘Beauty Class’ event bekerja sama dengan salah satu produk kosmetik dari Korea Selatan, dan mendapat respon yang cukup baik. Para peserta yang berpartisipasi dalam ‘Beauty Class’ belajar “How to make Up like Korean Actress” dari Beauty Class Artist asal Korea, dan menonton bersama film ‘Exit’ di Auditorium Satin Suite CGV Central Park. CGV Central Park juga menjadi venue “October Fear Festival” dalam rangka meramaikan ‘Halloween’. Event yang bekerjasama dengan mitra bisnis CGV ini menampilkan Horror Movie Marathon, Halloween Costume Party, Halloween Dinner, dan penampilan dari DJ ternama Indonesia. Central Park juga menjadi venue event Special Masterclass Dance Bersama koreografer ternama asal Korea, Mihawk Back dan mendapat respons yang antusias dari KPOP fans di Indonesia. Lebih dari 100 peserta ambil bagian dalam kelas dance yang diajar langsung oleh Mihawk yang juga merupakan koreografer grup KPOP ternama Korea, salah satunya EXO. 

Di tahun ini, enam Festival Film digelar di berbagai bioskop CGV Indonesia, yakni, Festival Sinema Australia-Indonesia (Maret), Asia Content Business Summit (September), German Cinema (Oktober), Korea Indonesia Film Festival (Oktober), Japanese Film Festival (November), Festival Sinema Prancis (November). Konten alternatif yang dirilis di CGV Indonesia juga beragam. Pada 9 Oktober, film Metallica and San Francisco Symphony: S&M2 tayang di bioskop seluruh dunia. Di Indonesia, konser yang dikemas dalam sebuah film bergenre musik tersebut tayang di CGV dengan respon yang sangat baik. Penonton merasakan sensasi konser megah dalam layar lebar bioskop. Selain itu, konser grup musik asal Korea, ‘Twice’ yang dikemas dalam film berjudul ‘Twice Land’ juga tayang di bioskop CGV. 

Peningkatan hubungan dengan mitra strategis juga senantiasa dilakukan CGV sepanjang tahun 2019. Berbagai kolaborasi telah dilakukan dengan penyedia layanan online channel guna lebih meningkatkan kemudahan bagi penonton dalam memperoleh tiket menonton di bioskop CGV. Pada bulan Oktober, CGV menjalin kerjasama dengan Tix ID guna memberikan kemudahan dalam membeli tiket film-film kesayangannya yang tayang di jaringan CGV di seluruh Indonesia.  Selain itu kemitraan juga dilakukan dengan dengan produser produser film nasional melalui Movie premier event, meet and Greet dengan pelaku dan pembuat film Indonesia. 

Komunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) juga terus dijalin CGV. Pada awal November, CGV menggelar nonton bersama dengan para staff Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan petugas pemadam kebakaran kota Balikpapan sebagai apresiasi atas pengagglangan benca kebkaran hutan dan lahan serta kabut asap yang terjadi di Kalimantan beberapa waktu lalu. 

Beragam konten dan strategi tersebut sekaligus membuktikan CGV terus memposisikan diri sebagai jaringan bioskop yang berbeda dan lebih seru dengan menawarkan ruang yang tidak hanya film namun juga seni budaya, sosial dan hiburan.

“Tahun 2019 merupakan tahun transformasi bagi CGV, bukan hanya unutk kehadiranya di Indonesia, atau rekor jumlah penonton dalam sejarah CGV di Indonesia, namun juga keseruan dan peningkatan pembukaan bioskop di sejumlah daerah. Kami memiliki hubungan yang kuat dengan para mitra bisnis kami, termasuk para stakeholders dan produser film nasional dan regional, untuk membangun dan mensupport industri film di Indonesia,“ ungkap Kim, Kyoung Tae, Direktur Utama CGV Cinemas Indonesia.

Ia menambahkan, sebagai bisnis inti dari CGV dukungan terhadap industri film merupakan hal penting. Melihat banyaknya film lokal yang diproduksi dan diterima oleh masyarakat, karena itu sejak tahun lalu, CGV telah menyediakan tempat khusus bagi para sineas independent memutar karyanya di layar perak.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article