Jumat, April 26, 2024

Daruma perluas pasar UMKM

Must read

Piala Asia 2024

Breman85 Bali 

Menyambut masa pemulihan perekonomian Indonesia pasca pandemi UMKM dituntut kian terbuka dan kompetitif untuk memperluas pasar. Menurut data yang dilansir oleh pemerintah pada 2020 sekitar 8 juta atau 13 persen pengguna platform online datang dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), angka tersebut terbilang kecil dari total keseluruhan UMKM di Indonesia yang berjumlah 64 juta.

Agar dapat memperluas pasar UMKM tentunya angka tersebut harus beranjak naik tiap tahunnya, salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan digitalisasi bagi UMKM.

Hadirnya berbagai platform online seperti media sosial, marketplace dan e-commerce dapat menjadi solusi digitalisasi serta perkenalan brand UMKM.

Agar dapat memperluas mengenai pengetahuan pasar, di sinilah UMKM perlu dibina untuk mendapatkan informasi seputar pasar maupun proses produksi seperti demografi pasar, daya beli masyarakat terhadap produk serta selera pasar baik lokal, regional dan internasional.

Untuk membantu proses pemulihan serta revitalisasi UMKM di Indonesia, Daruma dalam program support produk lokal untuk melakukan konsolidasi penjualan produk lokal dalam skala besar.

“Saat ini UMKM telah terdaftar dan menjadi partner kami untuk support APD, baik itu masker, hazmat dan alat perlindungan diri lainnya, namun saat ini kami sedang mempersiapkan perluasan pasar bagi UMKM terutama untuk wilayah Jabodetabek. Kami mencoba fokus untuk mengarahkan UMKM produksi seragam, merchandise seperti totebag, tas dan berbagai merchandise lainnya. Hal ini kami lakukan agar produk UMKM tidak hanya fokus pada APD, banyak sekali yang dapat dikembangkan, dan tentunya ada potensi dari segmen pasar tersebut,” ucap Herry Wijaya, CEO Daruma.

Lebih lanjut Daruma mengatakan bahwa saat ini community development sedang memberikan arahan mengenai mengenai segmen konveksi yang lebih luas seperti jenis bahan baku, desain hingga segmen pasar mana yang akan difokuskan.

Tercatat melalui program support produk lokal, Daruma bersama UMKM telah memproduksi puluhan ribu masker serta hazmat dan telah didistribusikan di seluruh Indonesia.

“Untuk UMKM yang ingin bergabung dalam program ini kami sangat terbuka, dan dapat langsung akses website kami. Kami juga berencana untuk memberikan pelatihan ‘UMKM Naik Kelas’ kepada UMKM yang telah menjadi mitra kami,” tambah Della Anizar, Public Relations Daruma.

Daruma hadir sebagai platform B2B E-Commerce lokal dengan lebih 250.000 produk, 1.000 lebih brand dan 14 kategori dari berbagai sektor industri dengan jaminan pengiriman tepat waktu dan pilihan pembayaran yang beragam.

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article