Sabtu, Mei 4, 2024

Duolingo English Test, alternatif tes kecakapan bahasa Inggris berbasis AI

Must read

Produk unggulan kedua dari Duolingo yang membantu pelajar dan mahasiswa untuk meraih impian belajar di luar negeri

Duolingo, platform pembelajaran bahasa paling populer dan aplikasi pendidikan yang paling banyak diunduh di seluruh dunia melalui produk unggulan keduanya, Duolingo English Test (DET) berkomitmen untuk membantu pelajar dan mahasiswa untuk belajar di luar negeri di tahun 2022. 

Hal ini dilakukan seiring dengan semakin tingginya minat pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk meraih gelar akademik dari salah satu universitas unggulan di negara maju. Menurut Institut Statistik UNESCO, terdapat 53.604 mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di luar negeri selama tahun 2021 dan jumlah ini diprediksi akan terus meningkat setiap tahun.

Penerimaan tes kecakapan Bahasa Inggris baru oleh LPDP dan IISMA

Melihat besarnya minat pelajar dan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, pemerintah dalam hal ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diluncurkan pada April 2022, memfasilitasi pelajar maupun mahasiswa program postgraduate dan VHE (Vocational Higher Education) untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri melalui beasiswa.

Hingga akhir tahun 2021, terdapat 29.872 orang di Indonesia yang telah berhasil memperoleh beasiswa ke luar negeri melalui program LPDP. 

Sementara untuk IISMA, saat ini terdapat 3.175 mahasiswa vokasi yang telah mendaftar. Sejak diluncurkan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah menggandeng 46 perguruan tinggi luar negeri untuk menerima mahasiswa vokasi Indonesia.

Dalam mendukung proses belajar di luar negeri, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar yang telah menjadi penentu dalam penilaian dasar di setiap studi luar negeri dan syarat beasiswa di berbagai institusi termasuk LPDP dan IISMA.

Selain menggunakan tes standar seperti TOEFL, IELTS, dan  PTE, di tahun 2022, LPDP dan IISMA juga mulai mengadopsi tes kecakapan bahasa Inggris baru sebagai alternatif dari tes konvensional, yakni Duolingo English Test (DET) yang merupakan produk unggulan kedua dari Duolingo. 

LPDP menggunakan penilaian bahasa Inggris seperti Duolingo English Test (DET) untuk kategori Beasiswa Daerah Afirmasi, Pra-Sejahtera, dan Putra Putri Papua (Siswa Papua), dengan tujuan meningkatkan prospek dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di seluruh Indonesia. Sedangkan IISMA menggunakan DET untuk jalur vokasi (VHE) dan sarjana.

Duolingo English Test (DET): Tes bahasa Inggris berbasis AI yang mendisrupsi industri konvensional

DET dapat dilakukan secara online kapan saja dan di mana saja. Hanya butuh 1 jam, dan hasilnya akan tersedia dalam dua hari. DET sekarang dapat diterima di hampir 4000 institusi di seluruh dunia seperti Universitas Columbia, Universitas Yale, Universitas Warwick, Imperial College, Universitas Toronto, Universitas Duke, John Hopkins, UCLA, UCL, dan lainnya.

Kemudian poin yang paling penting adalah bahwa DET dikembangkan dengan mempertimbangkan kemudahan akses bagi pelajar, dan hanya bertarif USD 49 atau sekitar IDR 686.000 sehingga menjadi lebih terjangkau bagi pelajar.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article