Jumat, Maret 29, 2024

Flip.id memilih WFH sampai akhir tahun

Must read

Presiden kebal hukum?

Transisi “new normal” Pasca-PSBB

Dua hari terakhir, beberapa daerah di Indonesia telah memberlakukan transisi menuju “new normal” pasca PSBB. Di kawasan Jabodetabek, jalanan dan transportasi umum mulai terlihat padat baik di pagi dan sore hari. Dalam menjalankan transisi ini, pemerintah kota telah menerapkan prosedur di berbagai sektor untuk mencegah penularan virus, termasuk prosedur perkantoran yang diatur dari pembagian jadwal masuk karyawan sebanyak 50% dari total karyawan suatu perusahaan.

Flip.id, aplikasi penyedia layanan transfer beda bank gratis di Indonesia memilih WFH hingga akhir tahun ini dan bahkan berencana menerapkan WFH sebagai budaya perusahaan yang baru.

Aplikasi besutan alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia memiliki kantor pusat di Depok, Jawa Barat dimana masih terdapat zona merah di beberapa area dan sedang melakukan penerapan transisi PSBB secara bertahap.

Ginanjar Ibnu Solihin selaku Co-Founder dan CIO (Chief Internal Officer) Flip.id menyampaikan kinerja dan evaluasi Flip.id setelah melalui masa WFH di tiga bulan terakhir. “Manajemen Flip.id memiliki kebijakan tersendiri untuk menerapkan WFH secara penuh sampai akhir tahun ini. Hal ini guna mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran virus,” katanya.

Tentu keputusan ini memiliki pertimbangan yang matang, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Karyawan Flip.id tidak hanya berdomisili di Depok tapi juga di kawasan Jabodetabek. Karyawan yang commuting ini berpotensi terpapar karena jarak tempuh yang cukup jauh.
  • Secara sistem, selama masa WFH 3 bulan terakhir, Flip.id telah melakukan uji coba operasional keamanan server serta transaksi dan bisa menjaga kualitas layanan tetap prima. Terbukti di 1 bulan terakhir, terjadi peningkatan transaksi lebih dari 10% di semua layanan Flip.id baik transfer beda bank dalam negeri, pembelian pulsa, serta paket data seluler. Itu semua terjadi ketika seluruh tim beroperasi secara WFH.
  • Flip.id memproyeksikan sampai akhir tahun transaksi elektronik akan tetap tinggi, apalagi di situasi new normal ini, di mana transaksi online semakin banyak.
  • Sejak awal didirikan, Flip.id telah menerapkan sistem keamanan terkini sesuai arahan dari Bank Indonesia, seperti penetration test secara berkala dan sistem OTP. Sistem keamanan berganda ini didukung dengan fasilitas server, hardware, dan software yang mumpuni sehingga Flip.id tetap mampu melayani masyarakat di seluruh Indonesia untuk transaksi beda bank secara gratis ketika bekerja dari rumah.

Selama tiga bulan terakhir, perusahaan telah diuji dengan sekian skenario yang sebelumnya kami tidak pernah bayangkan, namun ternyata industri kami sebagai financial technology (fintech) startup bisa melaluinya dengan baik.”

Kesimpulannya, Flip.id menyambut new normal dengan menjadikan cara kerja via remote (remote working/WFH) sebagai budaya perusahaan yang baru. Tentunya kebijakan perusahaan ini akan dievaluasi secara bertahap dengan harapan kualitas layanan akan semakin meningkat dengan kinerja WFH yang terbukti tetap produktif dan efisien.

Tentang FLIP

Flip adalah pionir aplikasi penyedia layanan transfer beda bank gratis. Didirikan 2016, hingga saat ini Flip telah melayani lebih dari jutaan transaksi beda bank dari jutaan pengguna dengan total nilai mencapai triliunan rupiah per bulan.

Transaksi berasal dari pengguna individu yang tersebar di seluruh Indonesia dan pengguna perusahaan seperti Tiket.com, Grab, Ruangguru, dan Kitabisa. Dengan jumlah transaksi tersebut, Flip.id memimpin persaingan dalam layanan transfer beda bank gratis di Indonesia.

Flip telah bekerja sama dengan 14 bank di Indonesia untuk menangani transfer gratis beda bank seperti BCA ke Bank Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, BTPN/Jenius, dan lain-lain serta telah mendapat lisensi keamanan dan operasional resmi dari Bank Indonesia (BI).

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article