Sabtu, Mei 4, 2024

Gelaran MotoGP 2022

Must read

Michelin Siapkan 30 Jenis Ban dengan Total 1.200 Ban per Sirkuit

Bekerja sama dengan para tim dan riders, Michelin memutuskan untuk merampingkan pilihan ban dengan cakupan fungsi yang lebih luas

Usai tes pramusim untuk gelaran seri MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 Februari lalu, kini perhatian semakin tertuju pada ajang balap utama yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret mendatang.

Sponsor sekaligus pemasok tunggal ban untuk perhelatan seri MotoGP, Michelin telah memutuskan untuk menyederhanakan pilihan ban pada musim ini dan menyediakan 30 macam spesifikasi untuk digunakan oleh para pembalap selama gelaran MotoGP 2022.

Jumlah ini berkurang lebih dari seperempat jika dibandingkan dengan musim lalu, di mana Michelin menyediakan 41 pilihan ban. Keputusan untuk merampingkan pilihan ban yang akan digunakan pada kompetisi dilakukan melalui diskusi dengan para pembalap dan tim mereka serta tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim 2021.

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso mengatakan, “Tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para rider untuk memilih ban paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik. Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi  juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan.”

Total 1.200 Ban Akan Disediakan untuk Setiap Sirkuit MotoGP 2022

Keputusan ini didukung oleh Dorna Sports selaku penyelenggara gelaran seri MotoGP yang telah bersepakat dengan Michelin untuk mengurangi jumlah alokasi ban bagi rider individu per grand prix dari sebelumnya 30 menjadi 28 buah, atau berkurang dua ban belakang.

Pada setiap ajang balap, para rider akan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Mereka hanya diperbolehkan untuk menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang (total 22).

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article