Rabu, Mei 8, 2024

Inilah bagaimana Las Vegas lahir

Must read

Dulu pada tahun 1950an, Las Vegas bukan apa-apa. Daya tarik terbesarnya hanyalah jamur atom yang diluncurkan Tentara Amerika Serikat, pemandangan yang dinikmati hanya oleh warga kulit putih dari beranda rumah mereka. Daya tarik besar lainnya, juga hanya dinikmati kulit putih, adalah artis-artis ternama kulit hitam, bintang besar lagu-lagu terkenal masa itu.

Louis Armstrong, Ella Fitzgerald, dan Nat King Cole dibayar tinggi, tetapi hanya boleh masuk dan keluar melalui pintu belakang. dan ketika Sammy Davis Junior menyebur ke kolam, manajer hotel memerintahkan kolam dikeringkan dan diganti air baru.

Perubahan terjadi pada 1955 ketika seorang jutawan membuka di Las Vegas apa yang disebutnya hotel kasino antar ras pertama di Amerika Serikat. Joe Louis, petinju legendaris, menyambut tamu, kulit hitam maupun putih; dan Las Vegas pun menjadi Las Vegas.

Penguasa wilayah, yang dengan segera menjadi surga plastik paling mewah itu, masih tetap rasis tetapi mereka menyadari bahwa rasisme tidak baik untuk bisnis. Lagi pula, dolar kulit hitam dan kulit putih sama warna hijaunya.

Eduardo Galeano

“Pemburu Rawi”

Penerjemah: Wardah Hafidz

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article