Jumat, Maret 29, 2024

Johnson & Johnson berdonasi untuk dukung penanggulangan TBC

Must read

PT Johnson & Johnson menyampaikan penyerahan secara simbolis donasi sebesar Rp57,76 juta kepada Perhimpunan Organisasi Pasien TBC (POP TB). Donasi ini merupakan dana yang terkumpul dari kegiatan TOSS TBC Virtual Run yang diselenggarakan pada 17-31 Agustus 2020. Hasil donasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendukung aksi nyata penanggulangan TBC di Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan global, Tuberkulosis juga merupakan salah satu fokus utama dari Johnson & Johnson dalam hal perbaikan kesehatan masyarakat (public health), dan Johnson & Johnson di Indonesia sangat menyadari bahwa industri juga memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengakhiri TBC di Indonesia.

Sejak 2015, PT Johnson & Johnson Indonesia telah terlibat dan turut berperan aktif dalam program pemberantasan TBC yang berfokus pada tiga hal, yaitu; (1) edukasi dan peningkatan kesadaran publik; (2) peningkatan kapasitas; dan terkait dengan (3) akses terhadap diagnosa dan perawatan.

Di tengah-tengah pandemi global Covid-19, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan didukung oleh PT Johnson & Johnson Indonesia tetap melakukan berbagai inisiatif untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai TBC dan TBC RO TBC Resisten Obat). Tahun ini, kampanye sosialisasi Ayo TOSS TBC kembali dilakukan melalui kegiatan berlari secara virtual dan bertajuk TOSS TBC Virtual Run.

TOSS TBC Virtual Run ini mengajak partisipasi masyarakat untuk mengambil bagian dan berperan aktif dalam mendukung pencegahan dan penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO di Indonesia, salah satunya melalui aktivitas berolahraga, namun kegiatan ini dilakukan melalui saluran komunikasi yang aman dan tidak mengumpulkan massa. 

Selain itu, media online, radio, serta para influencer di sosial media juga turut berperan aktif dalam mensosialisasikan kegiatan ini, serta mendukung edukasi mengenai TBC. TOSS TBC Virtual Run yang berlangsung selama dua minggu ini diikuti oleh lebih dari 400 orang dari berbagai penjuru di Indonesia dan sebanyak 341 peserta diantaranya mendapatkan medali sebagai tanda keberhasilan mereka dalam menyelesaikan kompetisi ini dengan berlari sejauh 13,8 km.

Di saat yang bersamaan, PT Johnson & Johnson Indonesia juga mengajak para peserta virtual run untuk membantu mengedukasi masyarakat umum mengenai TBC dengan melakukan kompetisi foto melalui media sosial. Terdapat lebih dari 10 foto finalis yang berhasil dikumpulkan dari kompetisi ini, dan dari kegiatan ini didapatkan 3 pemenang, yaitu; Werru Andi Suprianu (@andiwerhu), Maria Penta Heksa (@mariapenta), dan Widi Story (@widystory).

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak yang telah ikut serta dan berperan aktif dalam membantu meningkatkan kesadaran akan TBC kepada masyarakat Indonesia. Dengan adanya berbagai inisiatif terkait TBC yang dilakukan secara berkesinambungan, kami berharap kedepannya seluruh masyarakat semakin sadar dan paham mengenai TBC dan TBC RO serta pengobatannya. Selain itu, kita juga dapat membantu dan mendukung pemerintah Indonesia untuk mencegah dan melakukan penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO sehingga dapat mengeliminasi TBC pada tahun 2030,” tutup Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia.

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article