Minggu, Mei 19, 2024

Merangkai big data menjadi informasi berkualitas

Must read

Senior Vice President Development – Data Analytics di Blibli.com, Gie Kian Siauw, mengatakan bahwa big data sangat penting bagi kehidupan saat ini, tak terkecuali dalam dunia marketplace. Hal ini ia sampaikan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Pusdiklat APUPPT dengan topik “‘Apa Yang Bisa Kita Dapatkan?”

Ia menjelaskan bahwa dalam membangun bisnisnya, Blibli.com memanfaatkan big data yang dimiliki untuk mengetahui dan memprediksi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

“Dari perilaku pelanggan melalui aplikasi, kami dapat memprediksi apa yang dibutuhkan pelanggan hingga bagaimana pelanggan membuat keputusan pembelian. Ini akan menjadi informasi yang sangat berharga bagi perusahaan,” jelas pria yang akrab dipanggil Kian ini.

Untuk mendapatkan informasi di atas, perlu diketahui empat karakter dan sifat big data, yakni besaran data, pertumbuhan data, jenis data, dan keabsahan data.

“Dalam mengolah data, terdapat empat tahap dalam menganalisisnya, yakni menggali apa persamalahannya, kemudian menggali alasan mengapa hal tersebut terjadi, memprediksi apa yang akan terjadi atas permasalahan ini, dan memberikan saran,” rincinya.

Big data perlu dikelola dengan baik untuk menghasilkan data yang berkualitas. Data yang berkualitas akan berdampak pada kualitas sebuah informasi yang dihasilkan dari rangkaian data yang sudah tersusun dengan baik dan benar, sehingga value yang kita harapkan dapat tercapai.

Pusdiklat APUPPT, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyelenggarakan Seminar yang bertajuk “Using Big Data Analytics for Money Laundering Detection”, Kamis, 10 Februari 2022 bertempat di Gedung Pusdiklat APUPPT, Kota Depok.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article