Kamis, Mei 2, 2024

Mulai usaha dengan modal minim?

Must read

Tips tambah penghasilan dari rumah, dengan memanfaatkan teknologi

Sempat terkena PHK di masa pandemi, Nur dan Ahmad Rifai bangkit dengan memanfaatkan layanan Mitra Shopee untuk berbisnis dan bergabung menjadi Mitra Pengemudi Shopee

Memulai sebuah bisnis kerap kali dikaitkan dengan kesiapan modal yang besar dan lokasi untuk berjualan, tapi berbeda dengan Nur Khomariah. Nur dan sang suami, Ahmad Rifai, sempat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di kala pandemi pada 2020 dan kehilangan mata pencaharian mereka, tak patah semangat untuk kembali mencari peluang lain.

Sembari mencari pekerjaan, mereka memutar otak mencari tambahan penghasilan lewat usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim hingga pada 2020 menemukan layanan Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay.

Nur Khomariah - Mitra Shopee.jpeg

Nur dan aplikasi Mitra Shopee

Sejak 2013, pasangan suami istri yang berdomisili di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini sama-sama bekerja sebagai petugas pembayaran parkir dan menggantungkan penghasilan mereka dari pekerjaan tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, gempuran pandemi yang berdampak besar di semua lini kehidupan masyarakat pun menghampiri mereka. Tidak patah semangat, pasca PHK mereka aktif bertanya ke tetangga dan saudara jika ada lowongan pekerjaan.

Seiring waktu, mereka yang melihat aktivitas masyarakat mulai banyak dilakukan di rumah, mendorong mereka untuk mencoba peluang lain yakni berjualan produk digital dan mendaftar menjadi mitra pengemudi layanan pesan antar makanan online ShopeeFood. Pada 2020, Nur akhirnya mendaftar menjadi Mitra Shopee dan suaminya mendaftar menjadi Mitra Pengemudi Shopee.

“Kami sempat merasa khawatir bagaimana harus memenuhi kebutuhan keluarga. Itulah mengapa, kami mulai mencari peluang untuk membangun usaha sendiri dengan modal yang minim. Akhirnya, kami mencoba memberanikan diri membuka warung kecil-kecilan yang juga menyediakan produk digital melalui layanan Mitra Shopee.”

“Saya harap warung saya ini bisa membantu warga sekitar memenuhi kebutuhan pokok harian mereka, pulsa, paket data, token listrik, dan layanan digital lainnya. Untuk membantu perekonomian keluarga, suami saya juga bekerja sebagai Mitra Pengemudi Shopee. Waktu kerjanya yang fleksibel juga membuat suami saya bisa turut membantu saya di warung dan mengurus anak,” ujar Nur.

Nur mengaku, layanan Mitra Shopee dan ShopeeFood telah membantu menambah penghasilan mereka dan bangkit dari masa sulit. Hingga kini, keduanya masih mengandalkan pekerjaan mereka.

Nur pun mengatakan bahwa pelanggan setia yang selalu membeli berbagai produk digital padanya terus berdatangan hingga sekarang. Dalam sehari ia bisa melayani transaksi ke lebih dari 20 pelanggan, bahkan ia pun pernah mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan dari usahanya tersebut.  

Nur pun berbagi beberapa tips agar masyarakat juga bisa mencari peluang bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi di era digital ini: 

  1. Jeli dalam memaksimalkan peluang yang ada

Di era yang serba digital saat ini, semua orang bisa memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari peluang usaha tambahan. Seperti halnya Nur dan suami yang berhasil memahami bahwa di masa pandemi lalu, masyarakat banyak yang enggan keluar rumah untuk membeli berbagai kebutuhan. Kecermatannya dalam melihat kebutuhan sekitarnya pun mampu mengarahkan Nur untuk menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat dan berhasil memberikan penghasilan tambahan baginya dengan memanfaatkan layanan Mitra Shopee.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article