Minggu, Mei 19, 2024

Paxel beralih ke reusable food grade box by ALVAboard

Must read

Lanjutkan komitmen peduli lingkungan

Setelah meluncurkan PaxelRecycle – layanan jemput dan kelola sampah – Paxel melanjutkan komitmen bangun kebiasaan peduli lingkungan. Rezka Ilhamsyah, EVP Growth & Marketing Paxel menuturkan, “Salah satu sampah yang dihasilkan dari belanja online adalah kardus. Dengan estimasi ada 6 juta paket per hari di Indonesia, bayangkan berapa sampah kardus yang dihasilkan setiap rumah. Konsumsi bahan kardus yang tidak bisa didaur ulang secara terus menerus akan meningkatkan jejak karbon yang berdampak pada pemanasan global.”

Untuk pelaku UMKM, Paxel bekerja sama dengan PT. Alpha Gemilang Makmur (ALVAboard menghadirkan solusi, yaitu kardus eco-friendly yang food gradereusable dan tahan air. Dengan struktur yang lebih kuat, Rezka yakin ini bisa menjadi pilihan untuk mengirimkan produk makanan – termasuk frozen, fresh, dan cold food – dalam kondisi segar, aman dikonsumsi, dan tanpa mencemarkan lingkungan jika dikelola dengan baik. Selain untuk digunakan lagi untuk kirim paket, kardus eco-friendly ALVAboard juga bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, untuk menggantikan kardus lama yang sudah rusak atau terkena rayap.

“Manfaat lain menggunakan kardus baru ini adalah ALVAboard siap beli lagi kardus bekas customer untuk menghindari waste berakhir di TPA dan tidak dikelola dengan baik.” 

Rezka mengajak seller untuk mulai menjadikan peduli kemasan dan lingkungan sebagai kebiasaan baru. “Pentingnya food grade adalah melindungi makanan dari bakteri, jamur, dan juga suhu luar yang rentan membuat busuk. Dimulai dengan bertanggung jawab dengan apa yang dikirimkan ke pembeli, meskipun terlihat kecil tapi akan membawa dampak yang sangat baik untuk bumi, alam, dan keluarga kita di masa depan. Paxel – sebagai bagian dari ekosistem belanja online – akan terus mengedukasi pentingnya membangun kesadaran ini.” 

CEO PT Alpha Gemilang Makmur (ALVAboard), Alden Lukman menuturkan, “Penerapan penggunaan kardus eco-friendly ALVAboard ini sebagai upaya kami mengedukasi masyarakat agar ikut andil dalam menjaga keberlangsungan lingkungan yang lebih baik. Kami senang Paxel memiliki kepedulian yang sama atas isu ini serta menjadi pionir dalam pengiriman dan pengemasan yang bisa dipakai dan didaur ulang.” 

Mulai akhir Desember ini, kardus ALVAboard bisa didapat customer dengan menambahkan add-on saat pembuatan shipment di aplikasi Paxel. 

Tentang Paxel

Paxel adalah perusahaan logistik berbasis teknologi yang juga menyediakan layanan ekosistem digital. Paxel didirikan akhir tahun 2017 untuk menjawab tantangan pengiriman cepat, aman dan terjangkau di Indonesia.

Paxel menjadikan inovasi dan kepedulian sosial sebagai landasan dalam melahirkan layanannya, yang meliputi pengiriman sameday dalam kota dan antarkota, PaxelBox – smart locker untuk titip dan kirim barang, PaxelMarket – platform jajanan khas daerah, dan PaxelBig – untuk pengiriman berat s/d 20kg. Paxel memiliki misi untuk membantu mendigitalkan UMKM di seluruh Indonesia melalui pemasaran PaxelMarket, pengiriman sehari sampai, dan Jaminan Makanan Aman. 

Melalui jangkauan kirimnya, saat ini Paxel telah membantu UMKM mengembangkan pasarnya di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, hingga Sulawesi. Sampai November 2021, Paxel diperkuat oleh ribuan Happiness Hero (kurir) yang telah melayani lebih dari 1.700.000 user di Indonesia dan mengirimkan lebih dari 8.500.000 paket dengan tingkat ketepatan waktu di atas 98%.

Tentang ALVAboard

PT. Alpha Gemilang Makmur (ALVAboard) merupakan salah satu produsen kardus dan papan plastik berongga terbesar di Indonesia, yang berkomitmen untuk berkontribusi kepada negara, dan secara berkelanjutan turun tangan mengatasi pemanasan global. Dengan material Polypropylene, selain memiliki karakteristik unggulan yang ringan, tahan air, dan tahan benturan, bahan ini juga tahan terhadap bahan kimia. 

Sebagai salah satu upaya untuk menghadapi tantangan isu lingkungan, ALVAboard membuat produk inovasi pengganti kardus sekali pakai dengan struktur yang lebih kuat dengan tampilan yang lebih premium. ALVAboard mengedepankan konsep sirkular ekonomi, dengan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan jasa kelola sampah untuk mendaur ulang produk ALVAboard sehingga tidak berujung di tempat sampah.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article