Sabtu, Februari 4, 2023

Pointers Prescon Presiden terkait Corona

Must read

Catatan Pointers Prescon Presiden Jokowi
Senin, 16 Maret 2020

  1. Presiden meminta semua kebijakan di pusat dan daerah harus ditelaah secara mendalam agar efektif menyelesaikan masalah dan tidak memperburuk keadaan akibat (terkait Covid-19.
  2. Kebijakan lockdown di tingkat nasional ataupun daerah adalah kebijakan pusat. Pemerintah daerah tidak dapat melakukan lockdown. Hingga saat ini, pemerintah tidak berkeinginan melakukan lockdown di Indonesia.
  3. Kebijakan belajar, bekerja, dan ibadah dari rumah perlu untuk kita gencarkan dengan tetap memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap terpenuhi.
  4. Transportasi publik harus tetap diberikan kepada masyarakat. Dengan cacatan, perlu meningkatkan sarana kebersihan. Tidak boleh ada peningkatan pengantrian, kepadatan dalam transportasi. Sosial distance menjadi penting untuk mencegah penyebaran Covid-19.
  5. Setiap kebijakan di daerah harus berkonsultasi dengan kementerian terkait.
  6. Satgas Covid-19 merupakan satu-satunya rujukan informasi bagi masyarakat dalam mengetahui update informasi corona.
  7. Solidaritas masyarakat adalah modal sosial kita yang penting untuk bersama-sama memberantas Covid-19.

Tanya Jawab

Terkait belajar dan bekerja dari rumah, bagaimana kejelasannya Pak?

Ini sudah dimulai pada hari ini, mendikbud sudah me-mention dan mengkoordinasikan ini untuk belajar secara online dari ruang guru, Google, Microsoft, dll. Kita mengharapkan belajar dengan cara ini dapat efektif sembari melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pengawasannya bagaimana?

Pengawasan dilakukan oleh kementerian terkait. Jangan sampai pelajar libur dari aktivitas di sekolah tapi justru bermain.

Terkait ketersediaan sembako, Pemerintah memerintahkan kementerian agar memastikan kebutuhan sembako Indonesia mumpuni. Presiden sudah memerintahkan sejak 2 minggu lalu.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article