Jumat, Mei 3, 2024

Porsche memperluas jangkauan model Taycan

Must read

Dengan Taycan baru, Porsche meluncurkan varian keempat dari sedan sport all-electric pertamanya. Model baru ini sejajar dengan Taycan Turbo S, Taycan Turbo dan Taycan 4S. Fiturnya dilengkapi dengan penggerak roda belakang dan tersedia dua ukuran baterai: dengan Performance Battery standar, model entry-level baru dapat menghasilkan hingga 300 kW (408 PS) dalam mode overboost dengan Launch Control; ini meningkatkan output hingga 350 kW (476 PS) dengan opsional Performance Battery Plus. Daya nominal masing-masing adalah 240 kW (326 PS) atau 280 kW (380 PS).

Sebagai anggota termuda dari keluarga model, Taycan sejak awal mempunyai fitur-fitur baru yang diperkenalkan di versi lain pada pergantian tahun model. Misalnya, fungsi Plug & Charge memungkinkan pengisian dan pembayaran yang nyaman tanpa perlu kartu atau aplikasi: segera setelah kabel pengisi daya dicolokkan, Taycan membuat komunikasi terenkripsi dengan stasiun pengisian yang kompatibel dengan Plug & Charge. Proses pengisian kemudian dimulai secara otomatis. Pembayaran juga diproses secara otomatis.

Seperti pada varian lainnya, perlengkapan opsional mencakup tampilan head-up berwarna dan charger terpasang dengan kapasitas pengisian daya hingga 22 kW. Dengan Functions on Demand (FoD), pengemudi Taycan dapat membeli berbagai fungsi kenyamanan atau bantuan tambahan sesuai kebutuhan. Terlebih, mereka dapat memesannya untuk jangka waktu terbatas. 

Ini berfungsi setelah kendaraan dikirim serta untuk konfigurasi asli mobil sport. Aktivasi online berarti tidak perlu mengunjungi bengkel. Saat ini, memungkinkan untuk fungsi Porsche Intelligent Range Manager (PIRM), Power Steering Plus, Active Lane Keeping Assist dan Porsche InnoDrive.

Pilihan dua baterai

Performance Battery satu dek dengan kapasitas kotor 79,2 kWh dipasang sebagai standar. Performance Battery Plus dua dek tersedia sebagai opsi. Kapasitas kotornya adalah 93,4 kWh. Jangkauan, sesuai dengan WLTP, masing-masing mencapai 431 atau hingga 484 kilometer.

Taycan berakselerasi dari awal berdiri hingga 100 km/ jam dalam 5,4 detik, mana pun baterai yang ditentukan. Kecepatan tertinggi juga 230 km/ jam di kedua konfigurasi, sementara kapasitas pengisian maksimumnya hingga 225 kW (Performance Battery) atau hingga 270 kW (Performance Battery Plus). 

Ini berarti bahwa kedua baterai dapat diisi dari lima hingga 80 persen SoC (State of Charge – kondisi pengisian baterai) dalam 22,5 menit dan daya tesebut untuk 100 kilometer selanjutnya dicapai hanya dalam lima menit.

Motor listrik inovatif dan performa dinamis

Akselerasi yang mengesankan, daya atraksi yang khas dari mobil sport, dan daya yang terus tersedia secara terus menerus – point masuk baru ke jajaran model Taycan juga menampilkan kekuatan ini.

Motor sinkron eksitasi permanen di poros belakang memiliki panjang aktif 130 milimeter yang mana panjangnya sama dengan yang dipasang pada Taycan 4S. Inverter yang di gandar belakang beroperasi hingga 600 amp.

Selain motor sinkron yang tereksitasi secara permanen di gandar belakang, arsitektur penggerak juga mencakup transmisi dua kecepatan. Sama seperti saudara kandungnya dalam jajaran model, sorotannya mencakup manajemen pengisian daya yang cerdas serta aerodinamika yang patut dicontoh. Dengan nilai Cddari 0,22, aerodinamisnya memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsumsi energi yang rendah dan jarak jangkauan yang jauh. Daya pemulihan maksimum adalah 265 kW.

Desain eksterior yang murni dengan DNA Porsche

Dengan desainnya yang murni, Taycan menandai dimulainya era baru. Pada saat yang sama, ia mempertahankan DNA desain Porsche yang tak pernah salah. Dari depan, mobil sport listrik terlihat sangat rendah dan lebar, dengan sayap yang sangat tajam. Siluetnya dibentuk oleh garis atap sporty yang miring ke bawah ke belakang, sementara bagian sampingnya yang sangat terpahat juga menjadi ciri khasnya.

Kabin yang ramping, pilar C yang ditarik dengan mencolok, dan bahu yang menonjol pada sayapnya menghasilkan bagian belakang yang tegas, tipikal brand. Fitur-fitur ini dilengkapi dengan elemen inovatif seperti tampilan kaca yang membiarkan logo Porsche di bilah lampu belakang.

Fitur yang membedakan Taycan dalam keluarga modelnya termasuk roda Taycan Aero 19 inci yang dioptimalkan secara aerodinamis dan kaliper rem anodisasi hitam. Apron depan, kusen samping, dan diffuser belakang berwarna hitam sama dengan yang ada di Taycan 4S. Lampu depan LED dipasang sebagai standar.

Desain interior yang unik

Kokpit Taycan menandai dimulainya era baru di tahun 2019 dengan strukturnya yang jelas dan arsitektur yang sepenuhnya baru. Kelompok instrumen melengkung yang berdiri bebas membentuk titik tertinggi di dasbor. Ini menempatkan fokus yang jelas pada sumbu penggerak. Elemen lainnya termasuk layar tengah infotainment 10,9 inci dan layar opsional untuk penumpang depan.

Sebagai standar, Taycan hadir dengan interior kulit parsial serta kursi depan yang nyaman dengan pengaturan elektrik delapan arah. Mobil ini memiliki dua kompartemen bagasi: 84 liter di depan, dan hingga 407 liter di belakang.

Taycan juga merupakan model Porsche pertama yang tersedia dengan interior yang sepenuhnya bebas kulit. Interior yang terbuat dari bahan daur ulang yang inovatif menggarisbawahi konsep berkelanjutan dari mobil sport listrik.

Sistem sasis jaringan terpusat

Porsche menggunakan sistem kontrol jaringan terpusat untuk sasis Taycan. Kontrol Chassis Porsche 4D yang terintegrasi menganalisis dan mensinkronisasi semua sistem sasis secara real time. Baik suspensi pegas baja standar Taycan dan suspensi udara adaptif opsional dengan teknologi tiga ruang dilengkapi dengan sistem kontrol peredam elektronik PASM (Porsche Active Suspension Management).

Suspensi udara adaptif juga dilengkapi dengan fungsi Smartlift. Ini memungkinkan Taycan diprogram sehingga menaikkan ketinggian kendara secara otomatis di lokasi berulang tertentu seperti punuk di jalan raya atau jalan masuk garasi. 

Fungsi Smartlift juga dapat secara aktif mempengaruhi ketinggian kendaraan pada perjalanan jalan raya dan dapat menyesuaikan ketinggian kendaraan untuk kompromi terbaik antara efisiensi dan kenyamanan berkendara.

Taycan dilengkapi sebagai standar dengan kaliper rem tetap monoblok enam piston aluminium di bagian depan dan kaliper rem tetap monoblok aluminium empat piston di bagian belakang. Rem cakram dengan ventilasi internal berdiameter 360 mm di depan dan 358 mm di belakang. Rem kaliper memiliki lapisan hitam anodised.

Pilihan selanjutnya adalah Porsche Surface Coated Brake (PSCB) performa tinggi. Cakramnya memiliki diameter 410 mm dan 365 mm depan dan belakang.

Tahun yang sukses untuk Taycan

Porsche telah membuat awal yang sukses untuk era serba listrik, mengirimkan lebih dari 20.000 Taycan ke pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2020. Di Norwegia, Taycan saat ini menyumbang 70 persen dari semua model Porsche yang terjual, dan awal November melihat seperseribu pelanggan Taycan Norwegia menerima mobil mereka karena penjualan Porsche di Norwegia meningkat lebih dari dua kali lipat. 

Mobil sport listrik telah menerima sekitar 50 penghargaan internasional, terutama di pasar utama Jerman, AS, Inggris dan Cina. Penggerak roda belakang baru Taycan juga memegang Guinness World Record™ untuk drift terpanjang dengan mobil listrik, yang dikemudikan ke samping tanpa henti sejauh tepat 42,171 kilometer.

Penggerak roda belakang pertama Taycan akan dikirim ke dealer mulai pertengahan Maret 2021. Harga mulai dari Rp2,5 miliiar.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article