Rabu, Februari 1, 2023

Porsche Taycan masuk Guinness World Records™

Must read

Porsche Taycan telah memasuki Guinness World Records™ untuk drift terpanjang dengan kendaraan listrik. Tempat tercetaknya rekor dunia tersebut berada di Porsche Experience Center (PEC) Hockenheimring. Instruktur Porsche Dennis Retera melakukan 210 putaran pada sirkuit bundaran sepanjang 200 meter dengan posisi roda depan berlawanan dengan arah putaran (drifting): setelah 55 menit, Dennis telah menempuh total 42,171 kilometer.

Dengan menyelesaikan jarak maraton ini, Retera mengamankan rekor dunia untuk drift terpanjang tanpa henti dengan mobil listrik. Kecepatan rata-rata adalah 46 km / jam. Rekor tersebut diraih dengan versi penggerak roda belakang dari Taycan, yang sudah dijual di China.

“Saat program stabilitas mengemudi dimatikan, powerslide dengan Porsche elektrik menjadi sangat mudah, terutama dengan varian model ini, yang digerakkan secara eksklusif melalui roda belakang,” kata Dennis Retera.

“Tenaga yang cukup selalu tersedia. Pusat gravitasi rendah dan jarak sumbu roda yang panjang memastikan stabilitas. Desain dan kemudi yang tepat memungkinkan kontrol yang sempurna setiap saat, bahkan saat bergerak ke samping.” 

Orang Belanda yang sekarang menjadi Kepala Instruktur di Porsche Experience Centre Hockenheimring, yang sebelumnya berkompetisi di karting, single seaters dan balapan ketahanan (endurance race). “Meskipun demikian, sangat melelahkan bagi saya untuk menjaga konsentrasi tetap tinggi selama 210 lap, terutama karena aspal yang diairi di sirkuit drift tidak memberikan grip yang sama di mana-mana.”

“Saya berkonsentrasi untuk mengendalikan penyimpangan dengan kemudi – ini lebih efisien daripada menggunakan pedal akselerator dan mengurangi risiko putaran.”

Upaya tersebut dilakukan di bawah pengawasan juri rekor resmi Guinness World Records™ Joanne Brent di area dinamika mengemudi beririgasi di PEC.

Brent telah mengawasi percobaan rekor dari semua jenis untuk Guinness World Records™ selama lebih dari lima tahun: “Kami memiliki beberapa rekor drift, tetapi dengan mobil sport listrik itu sesuatu yang sangat istimewa bagi kami juga. Di sini Porsche telah melakukan pekerjaan perintis yang nyata.” katanya.

Ahli Guinness dengan cermat mendokumentasikan rekor tersebut dengan berbagai alat bantu teknis dan ahli independen lainnya: sebelum pengujian, seorang surveyor tanah lokal mengukur area berdiameter 80 meter dari Porsche Experience Center dengan presisi milimeter. Sensor GPS dan sensor kecepatan menguap di dalam kendaraan digunakan untuk tujuan dokumentasi, seperti kamera yang dipasang di atap menara kontrol trek, yang merekam perjalanan tersebut.

Ahli independen lainnya adalah Denise Ritzmann. Sebelum percobaan pencatatan, teknisi tersebut memastikan kondisi standar dan layak jalan dari seri sebelumnya Taycan dengan penggerak roda belakang atas nama organisasi penguji DEKRA. Ritzmann tahu semua tentang drifting: dia adalah juara drifting Eropa pada 2018 dan 2019 dan juga bertanggung jawab untuk memastikan Taycan tetap berada di drift permanen selama upaya perekaman.

“Anda dapat melihat sekilas apakah roda depan mengarah ke arah yang berbeda ke kurva. Selama ini yang terjadi, mobilnya bergerak menyamping (drifting),” jelasnya. Bersama dengan Brent, dia juga menghitung lap yang diselesaikan selama percobaan rekor.

Porsche Taycan sudah menjadi pemegang rekor dalam banyak kategori lainnya: antara lain ketahanan 24 jam yang melelahkan – berlari lebih dari 3.425 km di lintasan berkecepatan tinggi di Nardò; waktu terbaik di kelasnya yaitu 7:42 menit di Nürburgring-Nordschleife atau 26 kali sprint dari start posisi diam hingga 200 km / jam di lapangan terbang di Lahr – statistik rekor mobil sport listrik pertama dari Porsche membuat impresi yang mengesankan.

Tentang Porsche Experience Center (PEC) di Hockenheimring

PEC di Hockenheimring baru saja merayakan ulang tahun pertamanya: pada 13 Oktober 2019, situs seluas 170.000 meter persegi di jantung lintasan balap dibuka. Ini menampung pusat pengalaman pelanggan, jalur penanganan, enam area dinamika mengemudi dan jalur off-road.

PEC di Hockenheimring adalah pusat Jerman kedua setelah Leipzig. PEC lainnya berlokasi di Atlanta, Le Mans, Los Angeles, Shanghai dan Silverstone. PEC kedelapan dan terbesar saat ini sedang dibangun di Franciacorta, Italia. Pembukaan direncanakan pada pertengahan 2021.

Tentang Guinness World Records

Sejarah Guinness World Records™ dimulai pada 10 November 1951, ketika Sir Hugh Beaver (1890-1967), Managing Director Guinness Brewery di Irlandia, menemani berburu. Setelah diskusi animasi, para pemburu tidak dapat menemukan referensi di buku mana pun untuk menunjukkan burung mana yang tercepat di Eropa.

Pengalaman ini memberi Sir Hugh ide untuk kampanye promosi yang dirancang untuk merangsang percakapan di pub. Guinness Superlatives didirikan pada tanggal 30 November 1954 dan edisi pertama Guinness Book of Records™ diterbitkan pada 1955.

Basis data saat ini berisi lebih dari 53.000 catatan. Setiap tahun sekitar 8.000 rekor baru ditambahkan dari seluruh dunia. Buku Guinness World Records™ saat ini diterbitkan di lebih dari 100 negara dan lebih dari 40 bahasa. Total lebih143 juta eksemplar telah terjual sejauh ini.

Tentang Porsche Taycan

Dengan mobil sport Taycan listrik pertama, Porsche memasuki era baru di tahun 2019 dan, sejak itu, secara konsisten memperluas jajaran produknya di bidang mobilitas listrik.

Mobil sport empat pintu adalah paket unik dari performa khas Porsche, konektivitas dan kesesuaian lengkap untuk penggunaan sehari-hari. Metode produksi yang canggih dan kualitas Taycan telah menjadi standar dalam hal keberlanjutan dan digitalisasi.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article