Rabu, Februari 21, 2024

Prediksi market drone ke depan

Must read

Terra Drone Indonesia gelar webinar “Drone Industry Outlook 2023”

Perkembangan teknologi drone dan sektor yang mengaplikasikannya mengalami perkembangan pesat hingga tahun 2022. Berbagai instansi mulai dari pemerintah hingga industri mempercayakan drone dalam kegiatan harian mereka, hingga peraturan dan regulasi yang mendukung pemanfaatan drone pun juga ikut berkembang.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa drone industri terbesar di dunia, Terra Drone membagikan prediksi pasar drone 2023 melalui webinar dengan judul “Drone Industry Outlook 2023”.

Webinar diselenggarakan pada bulan Januari lalu, dengan 4 narasumber yakni Capt Meddy Yogastoro selaku RPAS DKPPU Coordinator, Dr M Akbar Marwan selaku Ketua Umum Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Indra Permana Sopian selaku Wakil Ketua Bidang Eksternal Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA), dan Michael Wishnu Wardana Siagian selaku Managing Director Terra Drone Indonesia.

Prediksi industri drone di Indonesia

Pertumbuhan pasar drone akan terjadi di Indonesia. Semakin banyak perusahaan yang terlibat sebagai bagian dari ekosistem sebagai penyedia layanan, produsen hardware, pengembang software, atau integrator sistem. Ada juga beberapa perusahaan yang mencoba mengembangkan pengontrol penerbangan sendiri, mencoba menjadi Original Equipment Manufacturer (OEM) & pemasok komponen.

Dari segi regulasi, Capt Meddy menyampaikan, tahun 2023 ini kegiatan yang paling erat dengan dunia drone ialah sertifikasi pilot maupun registrasi drone yang semakin lebih mudah dengan munculnya SIDOPI-GO. Drone logistik juga sudah bisa dijalankan 2023 melalui RPAS Operator Certificate (ROC).

ROC adalah sertifikat yang diberikan kepada orang atau badan hukum Indonesia yang mengoperasikan UAS untuk kegiatan angkutan udara (niaga maupun non-niaga).

Dari segi karir bagi para pilot drone, di tahun 2022 kemarin ada lebih dari 7.000 pilot drone yang melakukan sertifikasi pilot, meningkat jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan jumlah tersebut, tentunya kita melihat para peminat drone semakin banyak yang serius untuk membawa kegiatan ini bukan hanya sekedar hobi tapi menjadi pilot profesional di perusahaan.

Di 2023 pula nanti akan dibuat skema untuk mempersiapkan sertifikat drone untuk kebutuhan para industri yang nantinya akan menjalankan operasi drone logistik maupun transportasi.

Dari segi perkembangan industri, Asia menjadi pertumbuhan terbesar untuk pasar drone. Pada tahun 2022, nilai pasar yang terjadi di industri drone mencapai Rp 168 triliun dan diproyeksi akan mencapai Rp 300 triliun di tahun 2030.

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article