Rabu, Februari 28, 2024

Resolusi 2024

Must read

Resolusi tahun baru bagi para CEO perusahaan teknik: Secara proaktif akan mengatasi risiko dan keamaan siber dengan hanya menggunakan perangkat lunak yang berlisensi pada proyek-proyek pekerjaan umum dan infrastruktur.

Selama setahun terakhir, tren yang mengkhawatirkan masih terus berlanjut pada sektor teknik dan desain, di mana perusahaan-perusahaan besar masih terus menggunakan perangkat lunak ilegal.

Tindakan penegakan hukum yang ada di seluruh wilayah saat ini menunjukkan bahwa beberapa dari perusahaan-perusahaan ini terlibat dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur publik yang sangat penting.

Dalam beberapa bulan terakhir, hal ini telah mendorong BSA | The Software Alliance untuk memberikan peringatan, menekankan bahwa penggunaan perangkat lunak yang tidak berlisensi dan tidak aman dalam proyek-proyek tersebut dapat membahayakan keamanan publik.

“Setiap CEO dan pemimpin bisnis di industri teknik dan desain sebaiknya menjadikan resolusi tahun baru sebagai momentum untuk dapat mengelola asset perangkat lunak mereka secara hati-hati,” ujar Direktur Senior BSA, Tarun Sawney. 

“Pemerintah di seluruh wilayah harus selalu memantau penggunaan perangkat lunak dalam proyek-proyek pekerjaan publik untuk memastikan bahwa semua proyek infrastruktur yang didanai oleh pajak menggunakan perangkat lunak yang aman, terjamin, dan berlisensi.”

Perangkat lunak yang tidak berlisensi sangat rentan terhadap ancaman siber yang semakin meningkat di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, kerugian akibat pelanggaran data telah mencapai rekor tertinggi lebih dari $3 juta pada tahun 2023, hal ini terjadinya peningkatan 6% dari tahun ke tahun.

Dengan dimulainya tahun baru, sangatlah penting bagi dunia bisnis, terutama yang terlibat dalam proyek infrastruktur yang penting, untuk mengadopsi praktik terbaik yang bertujuan untuk melawan penggunaan perangkat lunak yang tidak berlisensi.

Sejalan dengan itu, BSA telah menyiapkan rencana yang mencakup lima langkah untuk memandu organisasi dalam memastikan kepatuhan perangkat lunak dan meningkatkan keamanan dan keselamatan siber.

1) Jadikan perangkat lunak berlisensi sebagai lini pertahanan terdepan Anda terhadap kejahatan siber.

Menggunakan perangkat lunak berlisensi bukan hanya perihal kepatuhan, melainkan sebagai strategi pertahanan utama dalam melawan kejahatan siber bagi setiap organisasi.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article