Senin, Mei 6, 2024

Sop buntut sop iga, “hidden gem” Java Lotus

Must read

Sop buntut! Mendengar namanya saja, kita sudah bisa membayangkan rasanya. Meski, tanpa label sertifikasi standarisasi, rasa standar sop buntut menjadi pembahasan panjang, detil dan mengundang perdebatan. Rasa, sangat sepribadi syaraf pada lidah, hal kecap rasa hanya ada dua pilihan enak dan enak sekali!

Bagi penggemar sop buntut, atau iga yang hendak belajar menjadi penikmat sop buntut, sila melipir ke Jember. Ada sop buntut dan sop iga yang soal rasa adalah juara. Silahkan dijadikan menu wajib – must eat – apabila mampir, beraktifitas dan menginap di Jember. A hidden Gem kata mereka yang penasaran dan baru pertama kali mencoba. 

Pasalnya, Java Lotus Hotel menyimpan menu wajib ini dan belum diumumkan ke publik, tetapi telah mempunyai pelanggan para repeater guest baik yang menginap atau hanya mendatangkan diri hadir untuk menikmati olahan Tim Kuliner Dapur Java Lotus Hotel. 

Dapur yang menjunjung konsep dapur yang nguripi lingkungan hidup dan budaya Pandhalungan Jember. Dari lahan budidaya pertanian menjadi kudapan sehat di meja makan, sembari tetap beramal.

Apa yang membuat Sop Buntut dan Sop Iga di Restoran makanKOE menjadi populer bagi tamu Java Lotus Hotel? Umumnya di Indonesia, kita tidak mau repot milih makanan dari buku menu di restoran ataupun room service; spontan pilihannya adalah nasi goreng, mie goreng, orange juice dan sop buntut!

Rempah Indonesia

Menurut Arif, Chef de Cuisine —pemegang resep rahasianya— mengatakan, “Bumbu sop buntut pada dasarnya sama. Di Java Lotus, kami menambahkan rempah kesukaan warga Jember, jahe dan kayu manis. Nah, sop iga menjadi berbeda dengan tambahan rempah yang sangat Indonesia, cengkeh, bunga lawang dan kapulaga. Sedikit menjurus ke Arabian taste, ya.”

Dan satu lagi yang teramat penting yaitu Sop Buntut dan Sop Iga Java Lotus proses memasaknya dengan teknik simmering (merebus dengan api kecil) selama lima jam, sembari tim kuliner berinovasi dan menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Berapa harga per porsi? Dengan bermodal sangu (uang jajan) Rp 100.000 masih ada kembaliannya, walau kudapan sop buntut dan sop iga kelas hotel. 

Penikmat sop buntut original atau goreng? Tim Kuliner Java Lotus siap menghidangkan Sop Buntut Goreng ala Java Lotus.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article