Rabu, Februari 28, 2024

Sumbangan Danone ke Palestina mencapai Rp3,13 miliar

Must read

Babak baru Danone di pasar Indonesia yang kuat dengan sentimen Palestina?

Danone Indonesia memberikan sumbangan air minum dalam kemasan (AMDK) Aqua ke warga Palestina di Jalur Gaza, yang selama dua bulan lebih dibom rezim Zionis Israel. Sumbangan kemanusiaan yang patut diapresiasi, bentuk solidaritas dari salah satu perusahaan asing terbesar di Indonesia. 

Total sumbangan Danone ke Palestina mencapai Rp3,13 miliar. Disalurkan melalui beragam organisasi dan lembaga kemanusiaan. Di antaranya melalui Lembaga Amil Zakat infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LazisNU),  LazisMU Pengurus Pusat Muhammadiyah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan terakhir melalui Kedutaan Besar Palestina senilai Rp 630 juta. 

“Sumbangan ini sebagai bentuk empati serta dukungan kepada rakyat Palestina,” kata Michael Liemena, Corporate Communications Manager Danone Indonesia, seperti dikutip Antara (18/12). “Donasi kemanusiaan yang disalurkan melalui Kedutaan Besar Palestina kali ini adalah juga bagian dari rangkaian aksi kemanusiaan perusahaan.”

Menanggapi tudingan yang marak di tanah air terkait dugaan Danone Indonesia berafiliasi dengan Israel, Michael membantah bahwa perusahaan AMDK terbesar di Indonesia itu  ada kaitannya dengan negara Zionis tersebut.

“Perusahaan kami tak ada afiliasi dengan Israel. Tak ada perusahaan Danone di Israel. Kami berharap masyarakat Indonesia tak termakan berita hoaks,” katanya.

Michael menyebutkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak pernah menyebutkan kalau Danone berafiiasi dengan Israel.

Sebelumnya, MUI  mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina yang mewajibkan dukungan untuk Palestina. Bersamaan keluarnya Fatwa MUI, beredar luas pula daftar nama-nama produk yang ditengarai terafiliasi dengan Israel.

Catatan media di Israel sendiri membenarkan kehadiran Danone di negeri itu. Memang, investasi asing disyaratkan harus terbuka kepada publik dan tidak ada yang harus disembunyikan. Harian The Times of Israeldan  The Jerusalem Post pada April dan Mei 2023, memberitakan kalau Danone tanam investasi di sebuah perusahaan start up Israel bernama Wilk sebesar 3,5 juta USD (Rp50 miliar). 

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article