Kamis, Februari 22, 2024

Terra Drone Indonesia resmi mendapatkan sertifikasi BKI untuk survei struktur kapal

Must read

Terra Drone Indonesia, perusahaan penyedia jasa pemanfaatan teknologi drone untuk industri, telah mendapatkan sertifikat dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) untuk melakukan jasa survei menggunakan teknik inspeksi jarak jauh (Remote Inspection Technique) sebagai sarana alternatif untuk survey struktur kapal dan unit lepas pantai bergerak (moving offshore unit).

Teknik survey struktur kapal dan unit lepas pantai bergerak menggunakan drone ini akan memudahkan perusahaan untuk melihat kondisi asetnya secara jelas, karena drone dapat terbang sangat dekat dengan bagian-bagian struktur untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih detail. Selain itu, data yang dihasilkan dapat berupa foto dan video, dimana hasil data tersebut dapat dianalisis untuk mengambil keputusan dan perawatan apa yang harus diambil.

Dengan menggunakan drone untuk pekerjaan inspeksi struktur kapal akan mempersingkat waktu pekerjaan karena drone tidak memerlukan persiapan yang lama, jika dibandingkan dengan metode konvensional. 

Selain itu, penggunaan drone dapat meningkatkan keselamatan para pekerja, karena tim inspektor tidak perlu lagi memeriksa bagian-bagian yang sulit mereka jangkau. Berbagai kelebihan tersebut tentunya dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.

Pekerjaan survey close-up struktur kapal dan unit lepas pantai bergerak ini menggunakan drone khusus yang secara efektif bisa mengambil data berupa foto dan video dengan kualitas dan akurasi tinggi. Salah satu drone yang nanti digunakan ialah drone Elios 2, dimana sudah dibuat untuk inspeksi jarak dekat karena badan drone dilindungi oleh cangkang yang tahan benturan.

Terra Drone Indonesia telah berhasil mendemonstrasikan prosedur close-up survei menggunakan remote inspection technique kepada PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) selaku badan klasifikasi nasional yang secara resmi ditunjuk oleh Pemerintah RI untuk melakukan klasifikasi terhadap kapal-kapal yang beroperasi di wilayah NKRI, serta melakukan survei periodik untuk kapal yang telah beroperasi guna mengevaluasi status laik laut kapal tersebut.

Terra Drone Indonesia telah dinyatakan memenuhi syarat sesuai BKI Rules for Classification & Surveys, serta telah menerima sertifikat penyedia jasa dari BKI.

Terra Drone Indonesia memperluas jasa untuk inspeksi kapal dan unit lepas pantai bergerak karena melihat banyak peluang di industri tersebut, ditambah mulai banyaknya permintaan dari beberapa perusahaan penyedia kapal.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article