Jumat, Januari 27, 2023

Vietjet, emiten terbaik Bursa Efek Vietnam

Must read

Maskapai penerbangan masa kini Vietjet Air telah menerima sertifikat manajemen keuangan perusahaan dan tata kelola perusahaan terbaik pada Bursa Efek Vietnam tahun 2019 selama acara Business Performance Assessment Program (BCI) di Hanoi pada tanggal 23 September 2019. Ini adalah kedua kalinya Vietjet dinobatkan untuk pencapaiannya sebagai manajemen keuangan perusahaan terbaik di industri transportasi dan 10 Besar Perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan Terbaik di Bursa Efek Vietnam.

Penghargaan ini diberikan oleh Vietnam Chamber of Commerce and Industry (VCCI), koran Vietnam Business Forum berkolaborasi dengan Institute for Business Studies and Development (INBUS) dan Vietnam Association of Accountants and Auditors (VAA). Selain Vietjet, Vinamilk, Vingroup, Mobile World, PVGas, juga termasuk dalam 10 Besar Perusahaan dengan Tata Kelola Terbaik di Bursa Efek Vietnam.

Tahun ini, seluruh perusahaan terdaftar dari 30 sektor telah dievaluasi dan diberi peringkat berdasarkan 21 indikator terkait dengan seluruh aspek kegiatan bisnis menurut laporan keuangannya melalui metode evaluasi yang komprehensif, menggunakan teknologi, memastikan hasil yang akurat dan obyektif.

Vietjet Vice President Do Xuan Quang (middle) is receiving the award during the ceremony in Hanoi

Ketua VCCI Vue Tien Loc menjelaskan, “Kami hanya mengevaluasi perusahaan yang terdaftar untuk indeks ini karena perusahaan-perusahaan tersebut adalah yang terbaik di pasar Vietnam, perusahaan paling transparan. Perusahaan yang efektif dan transparan juga merupakan perusahaan yang memiliki kapasitas dan kinerja paling besar. Dan kinerja perusahaan yang terdaftar di bursa efek sekarang menjadi ukuran kesehatan perusahaan Vietnam secara umum.”

Sejak terdaftar di Ho Chi Minh City Stock Exchange (HOSE) pada bulan Februari 2017, saham Vietjet (dengan kode VJC) telah menarik perhatian investor domestik dan asing, menjadi salah satu perusahaan terbaik di HOSE dan telah terpilih pada indeks VN30. 

Hingga sekarang, dengan lebih dari USD3 milyar di kapitalisasi pasar, Vietjet telah terdaftar sebagai salah satu Forbes’ Asia Pacific Best over a billion tahun 2019. Majalah Air Finance Journal juga menempatkan Vietjet di urutan ke-22 dalam 50 maskapai teratas dengan indikator operasi dan keuangan yang terbaik di dunia. Saham VJC baru saja terdaftar di Vietnam Sustainability Index VNSI oleh HOSE untuk periode yang dimulai dari 5 Agustus 2019 hingga 31 Juli 2020; yang termasuk 20 saham teratas yang terdaftar di HOSE dengan skor pembangunan berkelanjutan terbaik. Saham VJC baru saja terdaftar dalam keranjang portofolio FTSE dan VNM ETF dengan nilai total 6 juta saham, setara dengan VND890 miliar.

Kemampuan Vietjet dalam manajemen keuangan dan tata kelola perusahaan dibuktikan dengan performa bisnis yang baik. Di pertengahan tahun pertama 2019, Vietjet mengoperasikan 68,821 penerbangan, setara dengan 45% dari total penerbangan domestik, melayani 13,5 juta penumpang di seluruh jaringan penerbangan. Pendapatan transportasi udara mencapai VND20,181 milyar, meningkat sebesar 22% dan keuntungan sebelum pajak senilai VND1,553 milyar, meningkat sebesar 15% tahun ke tahun. Available seat kilometers (ASK) terpelihara dengan baik, CASK senilai 3.88 sen, ex-fuel CASK 2,27 sen, terutama dari pengurangan biaya bahan bakar (turun 4%) dan penghematan biaya dalam manajemen, operasi (dikurangi 2%).

Hasil ini juga menegaskan kapasitas perusahaan yang diberi penghargaan, mitra bantuan, lembaga keuangan, investor dan pemegang saham mengevaluasi dan memutuskan investasi mereka secara wajar dan efektif dan lain-lain.

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article