Minggu, Mei 5, 2024

Asal-usul masakan Prancis

Must read

Masakan yang menjadi kebanggan Prancis diciptakan oleh Jean Anthelme Brillat-Savarin, seorang pegiat revolusi yang kecewa, dan Alexandre Balthazar Laurent Grimod de La Reynière, seorang perindu monarki.

Revolusi telah berakhir, budak telah berganti tuan. Tatanan baru dimulai, kelas baru berkuasa, dan dua orang tersebut berniat memandu lidah para borjuis pemenang. 

Brillat-Savarin, pengarang pertama buku tentang gastronomi, dipercaya membuat pernyataan yang dikutip banyak orang, “Katakan padaku apa yang kau makan, saya akan memberitahumu siapa dirimu.” Dan juga, “Penemuan sebuah menu baru menyumbang jauh lebih kepada kebahagiaan orang daripada penemuan bintang baru.” 

Pengetahuannya berasal dari ibunya, Aurora, seorang spesialis yang meninggal di meja makan saat usianya sembilanpuluh sembilan: Ia merasa tidak enak badan, menghabiskan anggur di gelasnya, dan meminta makanan penutup segera dihidangkan.

Grimod de La Reynière adalah pendiri jurnalisme kuliner. Artikel-artikelnya di koran-koran dan almanak memberi ide-ide baru kepada restoran. Lewat sudah masa ketika makanan enak hanya dinikmati oleh pesta-pesta makan para bangsawan.

Orang yang jari-jarinya menghasilkan semua itu tak punya jari: Grimod de La Reynière, grand master pena dan sendok, lahir tanpa tangan, ia menulis, memasak, dan makan dengan kait.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Penerjemah: Wardah Hafidz

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article