Sabtu, Mei 18, 2024

CARRO perkuat layanan pelanggan via AI TalkBot

Must read

CARRO Indonesia, platform jual beli mobil dan Unicorn otomotif pertama di Asia Tenggara, perkuat sistem layanan pelanggan dengan memperkenalkan TalkBot, sebuah fitur kecerdasan artifisial berbasis suara. Bekerja sama dengan WIZ.AI yang merupakan pengembang sistem Voice AI (Voicebot) bagi bisnis, CARRO mengembangkan sistem hiper personalisasi untuk mendukung interaksinya dengan pelanggan yang berniat menjual atau membeli kendaraan. Fitur ini resmi diluncurkan sejak Desember 2020 dengan Indonesia sebagai pasar pertamanya, sebelum memasuki negara tetangga Asia Tenggara lainnya.

TalkBot tak hanya bot yang bisa menjawab pelanggan, namun juga bisa mendengar, memahami, dan berbicara dalam beberapa bahasa yang ada di Asia Tenggara dengan aksen lokal. Sehingga mampu dan dapat menyesuaikan dengan pertanyaan pelanggan dengan nada dan ekspresi percakapan pada umumnya.

“Sektor otomotif Asia Tenggara tengah berada di pusat revolusi digital. Pandemi COVID-19 ternyata mampu mempercepat penerapan teknologi digital di industri otomotif dan CARRO secara konstan menyesuaikan diri untuk dapat berinteraksi secara lebih baik dengan pelanggan dengan berbagai cara,” ujar Aditya Lemana, Co-Founder CARRO. “CARRO akan terus berinvestasi ke teknologi dan melakukan kerjasama dengan ekosistem dengan visi yang sejalan untuk memperbaiki pengalaman jual beli para pemilik mobil,” tambah Aditya.

Bagaimana TalkBot membantu penjualan mobil

Sejak diluncurkan pada Desember lalu, fitur Voicebot berbasis AI mampu melayani lebih dari 95% percakapan dengan pelanggan melalui telepon

Penggunaan teknologi Talkbot AI meningkatkan kapasitas call center CARRO untuk memproses panggilan hingga lebih dari 400% tanpa penambahan SDM.

Tidak hanya menerima panggilan, TalkBot juga dapat melakukan percakapan hingga panggilan berakhir. Adanya kemampuan TalkBot ini membantu menambahkan volume potensi transaksi dan dengan demikian membantu CARRO menjadi platform jual beli mobil yang mudah diakses oleh konsumen di Indonesia.  

“Suara merupakan bagian dari masa depan teknologi AI bagi interaksi dengan pelanggan dalam ranah layanan pelanggan. Kerjasama WIZ.AI dengan CARRO dalam mengembangkan teknologi ini turut memungkinkan kami untuk terus bertumbuh dan merambah industri baru, yaitu otomotif, sehingga mampu mendigitalisasi industri ini agar lebih banyak menjangkau pelanggan di Asia Tenggara,” ujar Jennifer Zhang, CEO dan Founder WIZ.AI. 

Penambahan fitur TalkBot ini merupakan salah satu upaya CARRO dalam memperkuat infrastruktur digital dan mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan jual beli mobil yang mengutamakan kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia. 

Fitur terbaru ini merupakan satu dari serangkaian inovasi yang sudah dilakukan oleh CARRO dalam hal layanan pelanggan. Tidak hanya menyediakan proses pembelian mobil secara hybrid online-offline dimana konsumen dapat mengakses riwayat mobil lengkap secara online ataupun melihat mobil dan melakukan test drive secara langsung di CARRO Automall dan Customer Experience Center, CARRO juga menawarkan program Nationwide Delivery untuk melayani pengiriman mobil hingga ke seluruh daerah di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Tentang CARRO

Didirikan di Singapura pada 2015, CARRO adalah platform jual beli mobil terbesar di Asia Tenggara yang menawarkan layanan penuh, inovatif, dan didorong oleh teknologi untuk mendukung semua aspek kepemilikan mobil. Sejak awal berdiri, CARRO telah berhasil mendapatkan dana lebih dari 100 juta dollar Amerika, yang  mendorong perusahaan untuk berekspansi ke Thailand, Malaysia, dan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, yakni Indonesia.

Pada tahun 2019, CARRO memperluas bisnis di Indonesia dan mengakuisisi Jualo.com, pasar konsumen-ke-konsumen (C2C) terkemuka. CARRO didukung oleh venture capitalist terkemuka seperti SoftBank Ventures Asia, EDBI Pte Ltd, Insignia Ventures Partners, B Capital Group. Kunjungi carro.id

Tentang WIZ.AI

WIZ.AI adalah Startup AI yang berbasis di Singapura yang berkembang pesat di Asia Tenggara. WIZ.AI menyediakan solusi percakapan voicebot dengan dukungan kecerdasan buatan (Voice AI) yang terdengar sangat natural, seperti manusia.

Solusi WIZ.AI cocok untuk kebutuhan berbagai industri untuk kegiatan Telemarketing, Pelayanan Pelanggan, dan berbagai kegiatan bisnis berbasis panggilan telepon. WIZ.AI memberikan solusi Voice AI (Voicebot) dalam berbagai bahasa seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tagalog, Thai, Singlish dan Hingga bahasa Mandarin.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article