Sabtu, Mei 4, 2024

Di sini terbaring China

Must read

China tidak banyak berdagang di luar perbatasannya dan tidak mempunyai kebiasaan mengobarkan perang.

Mereka membenci pedagang dan serdadu. Orang Inggris dan orang Eropa lainnya mereka sebut barbar.

Demikian telah dinyatakan. China harus jatuh, dikalahkan oleh armada perang paling mematikan di dunia, dan oleh mortir yang dengan sekali tembakan dapat membunuh duabelas serdadu yang berjajar.

Pada tahun 1860, setelah meruntuhkan banyak pelabuhan dan kota, Inggris, diikuti Prancis, memasuki Beijing, menjarah Istana Musim Panas, dan memberitahu pasukan kolonial yang direkrut dari India dan Senegal untuk mengambil sisa-sisanya.

Istana itu, pusat kekuatan Dinasti Manchu, terdiri atas banyak istana, lebih dari duaratus tempat tinggal dan pagoda yang dibangun di sekitar danau dan taman, sangat mirip dengan surga.

Pasukan pemenang merampok semuanya, sungguh-sungguh semuanya: mebel dan tirai, patung-patung batu giok, pakaian dari sutra, kalung mutiara, jam emas, gelang berlian … yang tinggal hanya perpustakaan, dan teleskop dan sebuah senapan yang dihadiahkan oleh raja Inggris kepada China tujuhpuluh tahun sebelumnya.

Lalu mereka membakar gedung-gedung yang dijarah itu. Api memerahkan bumi dan langit berhari-hari dan bermalam-malam, hanya meninggalkan abu.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Penerjemah: Wardah Hafidz

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article