Minggu, Mei 12, 2024

Flyability Elios 2, drone untuk inspeksi ruangan terbatas

Must read

Tim Terra Drone Indonesia memegang drone flyability elios 2 di dalam tangki

Drone adalah teknologi yang setidaknya 5 tahun terakhir ini banyak digunakan oleh industri untuk kegiatan inspeksi. Inspeksi visual luar mungkin sudah banyak dimanfaatkan, namun kini inspeksi ruangan terbatas menjadi solusi terbaru untuk memudahkan pekerjaan.

Salah satu kasus penggunaan drone untuk inspeksi di sektor industri adalah inspeksi visual pada tangki. Tangki sebagai aset infrastruktur harus diperiksa secara visual secara berkala untuk memeriksa kebocoran, korosi, atau kerusakan struktural lainnya. Proses ini bisa sangat berbahaya jika dilakukan oleh inspektur manusia, sehingga drone digunakan sebagai gantinya. 

Drone lebih aman, lebih cepat, dan lebih murah daripada inspektur manusia untuk tugas ini. Drone yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi, sensor pencitraan thermal, pemetaan laser, dan sensor lain yang dapat digunakan dengan mudah dan tentunya menghasilkan data yang akurat dan sesuai standar yang nantinya bisa menghasilkan kesimpulan.

Drone yang sudah terkenal untuk dapat melakukan pekerjaan tersebut adalah Flyability Elios 2, yang menggunakan sensor kamera visual 4K. Desain Elios 2 yang dilengkapi dengan kerangka pelindung membuat drone dapat bergerak bebas tanpa takut harus berbenturan dengan permukaan tangki.

Kerangka tersebut merupakan fitur Distance Lock di mana fitur ini mampu mengunci jarak drone ke objek inspeksi dengan sensor di sekeliling drone. Secara otomatis, drone bisa memposisikan dirinya dengan objek sekelilingnya dengan aman. 

Drone ini memiliki waktu penerbangan yang cukup lama untuk terbang di dalam tangki. Drone dapat dikontrol melalui remote control oleh pilot dan operator. Elios 2 terbuat dari bahan yang ringan, dimana sangat mudah dibawa dan disimpan. Elios 2 juga memiliki seperangkat sensor canggih yang memungkinkan drone untuk terbang secara mandiri jika pilot kehilangan kendali atau jika ada masalah lain dengan koneksi antara pilot dan drone.

Keuntungan penggunaan elios 2 ini adalah dapat mengidentifikasi kerusakan yang terjadi di dalam tangki secara visual dalam waktu relatif singkat dan kegiatan repair dapat lebih terfokus, dan tentunya hal ini dapat mengurangi waktu shutdown tangki.

Beberapa tantangan pilot saat mengoperasikan drone untuk inspeksi tangki ini salah salah satunya debu yang beterbangan, kondisi panas dan bau residu hidrokarbon yang tersisa di dalam tangki, sehingga pilot yang mengoperasikan drone harus berpengalaman dan bersertifikat serta pemakai peralatan lengkap seperti menggunakan goggles, coverall dan masker debu.

Drone flyability elios 2

Spesifikasi Elios 2

  • Role: Inspection
  • Flight Time: 10 minutes
  • Trajectory: 2 kilometers
  • Operational Range: 5 kilometers
  • Sensor: RGB Camera & Thermal Camera
  • Weight: 1450 grams

Sekali terbang Elios 2 sudah terdapat dua kamera sekaligus. Jernihnya kamera 4K dan kamera Thermal jelas bisa mendapat data visual terbaik. Tidak lupa disertakan cahaya sekuat 10.000 Lumens untuk support mendapatkan visual di ruangan yang gelap serta memudahkan pengendalian drone. 

Ruangan terbatas yang gelap dan tidak terjangkau manusia tentu bisa diantisipasi dengan drone satu ini. Waktu Inspeksi setiap sisi ruangan, dari bawah sampai atas, bisa dipangkas dengan Drone Elios 2.

Belum lagi kualitas Artificial Intelligence untuk inspeksi yang bisa menampilkan visual dengan olahan data yang otomatis. Teknologi ini mampu mengenali kondisi material yang menurun, bentuk, dimensi, panjang objek, serta penyajian visual yang beragam.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article