Rabu, Mei 8, 2024

Gebyar Wisata Nusantara Expo 2022

Must read

Kembali Membawa Marwah Bangkitkan Pariwisata Nasional

Guna memulihkan secara perlahan kondisi pariwisata tanah air dan kampanye berwisata di Indonesia Saja, Wahyu Promo Citra Exhibition menggelar kembali pameran Gebyar Wisata Nusantara Expo, 1-3 Juli 2022, di Jakarta Convention Center.

Sri Hastuti, Project Manager Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2022 mengatakan, selama 2 tahun annual event ini vakum akibat pandemi Covid-19. Tahun ini GWN Expo kembali hadir dengan membawa marwah yang sama yaitu mengembangkan dan membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

GWN Expo 2022 yang memasuki tahun ke-18 penyelenggaraan ini, dari sisi peserta dan luasan pameran harus diakui masih jauh dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 melanda. Jumlah penurunannya mencapai 60 persen.

Beberapa dinas pariwisata daerah yang regular mengikuti GWN tahun ini banyak yang belum bisa hadir, karena bujet promosi digunakan untuk recovery Covid-19.

“Tahun ini dinas pariwisata daerah yang berpartisipasi hanya 15 peserta. Padahal dulu, sebelum pandemi Covid-19, hamper seluruh dinas pariwisata provinsi/kota/kabupaten selalu hadir dengan jumlah 150 stand. Penurunannya mencapai 60 persen,” katanya.

Taufik Nurhidayat, Direktur Pemasaran Area 1, Sumatera, Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menegaskan, seiring dengan pelonggaran perjalanan, dan vaksinasi yang lebih dari 75 persen industri Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE)—utamnya Exhibition sudah mulai bergairah.

“Salah satu indikasi mulai mebaiknya industri MICE yakni terselenggaranya pameran GWN Expo 2022 di JCC ini. Sedikit demi sedikit sector pariwisata mulai bergerak membaik dan bangkit. Meski peserta dan luar arena masih minim, jika dulu 3 hal untuk beberapa pameran, kini 1 hal untuk beberapa pameran. Meski demikian ini menjadi indikator bagus bahwa industri MICE sudah mulai jalan dan percaya diri,” terangnya.

Table Top

Indikator positif lainnya, pihak penyelenggara tetap mempertahankan konsep table top dalam pameran tersebut. Dalam table top ini, pihak penyelenggara mempertemukan sellers dari peserta GWN Expo 2020 untuk bertemu dan berbisnis dengan para buyers yang berasal dari Kota Jakarta.

“Baik sellers maupun buyers selama pandemi Covid-19 sama-sama terpuruk. Untuk itu kami berinisiatif mempertemukan mereka kembali untuk saling berbisnis di pameran GWN tahun ini. ada sekitar 20 sellers dan 40 buyer yang saling berbisnis selama pameran berlangsung,” tambah Sri Hastuti.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article