Jumat, Mei 31, 2024

Jangan jual ponsel bekas Anda kepada siapa pun

Must read

Ponsel Anda mungkin sudah tua, rusak atau layarnya sudah hancur berkeping-keping. Kesalahan paling umum yang kita lakukan adalah menjualnya kepada orang lain atau secara online atau melalui tukar tambah. Anda mungkin berpikir bahwa Anda telah menghapus semua foto dan video, Anda merasa aman. Benarkah?

Sayangnya tidak!

Banyak dari Anda mungkin telah mengambil foto intim dengan pasangan Anda, atau foto setengah telanjang kasual atau memfoto diri dalam keadaan telanjang untuk mengirimnya ke seseorang dan menghapusnya segera setelah mengirim.

Tapi tahukah Anda bahwa ada terlalu banyak aplikasi di luar sana yang bisa digunakan untuk memulihkan kembali semua foto dan video yang dihapus.

Sebutlah aplikasi DiskDigger, EaseUs, Gihosoft dan lain-lain, dapat dengan mudah mengambil data historis yang sudah dihapus dari ponsel Anda. Tidak hanya gambar dan video tetapi juga log panggilan, chat WhatsApp, dan lain-lain.

Sambil membaca lebih banyak tentang masalah-masalah ini, saya menemukan banyak orang yang sudah menjadi korban. Anda mungkin bertanya-tanya ketika Anda sudah menghapus semua foto tetapi menemukan file tersebut online, bagaimana mereka mendapatkan foto dan file lain-lain tersebut? 

Saya kenal banyak orang pusat servis ponsel yang mengurusi ratusan ponsel setiap hari untuk diperbaiki dan mereka semua memberi tahu saya bahwa untuk memulihkan data, mereka menggunakan salah satu aplikasi yang saya sebut di atas.

Dan mereka bisa melihat semua gambar dan video, dan hal ini umum terjadi, tetapi tidak mereka apa-apakan karena mereka juga sibuk dengan pekerjaan lain. Meskipun mungkin biasa bagi mereka, itu sebenarnya pelanggaran privasi Anda.

Photo by Omid Armin on Unsplash

Ada yang bilang ‘factory reset’ akan menyelesaikan masalah. Nope, bahkan jika Anda melakukan reset tersebut, data masih bisa diambil. Reset pabrik saja bukan solusi. Sudah dicoba dan diuji, tidak ada gunanya.

Well, intinya, setelah Anda menjual ponsel kite kepada seseorang, atau menukarkannya secara online dan lain-lain, ingatlah bahwa bersama dengan ponsel kita, kita juga menjual foto dan video di dalamnya.

Hal terbaik untuk dilakukan jika ponsel lama Anda sudah tidak berguna bagi Anda adalah, hancurkan menjadi beberapa bagian, atau bakar menjadi abu. Yang penting, jangan dijual!

Oleh Gnana Shekar – Co-founder & CEO at The Gameplay

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article