Sabtu, Mei 18, 2024

KBank hadirkan keahlian di bidang ecosystem banking ke Indonesia

Must read

Dengan ekosistem berbasis teknologi, KBank berkomitmen untuk menyediakan solusi omni-channel dan pengalaman pelanggan yang lancar untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan Indonesi

KBank, salah satu bank terbesar di Thailand, bertekad untuk menghadirkan keahliannya di bidang ekosistem perbankan (ecosystem banking) ke Indonesia untuk pertama kalinya. Hal ini merupakan upaya untuk menghadirkan layanan keuangan dan perbankan yang lebih baik kepada pelanggan, baik dari program kemitraan atau pengembangan layanan perbankan.

Dengan demikian, layanan yang ditawarkan KBank dapat selaras dengan kebutuhan ekonomi modern yang terus berkembang. Berbekal pengalaman yang luas dalam ekosistem perbankan di seluruh wilayah AEC+3 (ASEAN Economic Countries +3), KBank bertekad untuk menghadirkan pengalaman perbankan yang lancar dan membawa kontribusi dalam membentuk masa depan industri keuangan Indonesia.

Hal tersebut juga sejalan dengan misi Indonesia dalam mewujudkan inklusi keuangan melalui digitalisasi. 

Salah satu tantangan ekosistem perbankan Indonesia dapat dilihat dari kurangnya akses pendanaan bagi UMKM yang berperan sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini diakibatkan oleh collateral allowance yang kurang baik.

Banyak UMKM belum mendapatkan manfaat dari ekosistem perbankan dan akses ke pilihan pembiayaan alternatif. Beruntung, untuk memberdayakan usaha kecil dan mendorong akses inklusi ke ekosistem perbankan, pemerintah telah mengembangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta bekerja sama dengan bank untuk penyaluran pendanaan.

Pengembangan produk dan inisiatif kemitraan seperti ini telah mempermudah jutaan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pendanaan. 

KBank menyadari kebutuhan akan pengalaman perbankan yang terintegrasi serta potensi pertumbuhan ekosistem perbankan di Indonesia. Untuk memanfaatkan peluang tersebut, KBank berupaya memanfaatkan model ekosistem perbankan untuk menawarkan integrasi layanan online dan offline yang terhubung bagi pelanggan Indonesia.

KBank bertekad untuk menyediakan pelanggan dengan berbagai layanan keuangan dan menciptakan pengalaman terpadu yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses layanan keuangan dan transaksi yang lancar, nyaman dan efisien di berbagai channel

Salah satu portofolio terdahulu KBank adalah super ecosystem yang diterapkan di Thailand. Ekosistem komprehensif ini memanfaatkan kemitraan dengan perusahaan terkemuka di berbagai sektor — termasuk pembayaran e-commerce, layanan perbankan sosial, penyedia layanan keuangan, pendidikan, kesehatan masyarakat, energi bersih, dan pariwisata — untuk menciptakan pengalaman perbankan yang holistik dan terintegrasi.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article