Jumat, Maret 29, 2024

Upacara detik-detik proklamasi yang unik tapi hikmat

Must read

Presiden kebal hukum?

Setiap tahun tepatnya pada tanggal 17 Agustus, kita selalu memperingati hari kemerdekan bangsa Indonesia, dan seperti biasa saya selalu menghadiri upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini dimana kita harus menjaga jarak dan menghindari berkumpulnya orang banyak sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan. Maka sebagai anak bangsa yang taat dan patuh sesuai undangan dari Istana Negara guna menghadiri upacara pengibaran bendera Merah Putih yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku kepala negara walaupun undangan yang hadir hanya melalui daring dan hal seperti ini belum tentu terjadi ditahun tahun yang akan datang,” ujar Menteri Perindustrian 2014-2016 Saleh Husin.

Ada yang unik pada upacara memperingati 75 tahun Indonesia merdeka kali ini. Walau undangan hanya hadir melalui video conference, namun undangan tetap diminta untuk memakai pakaian adat daerah masing masing sebagai rasa cinta terhadap budaya daerahnya.

Saleh Husin

“Dan saya tentu merasa bangga karena saya dapat memakai pakaian adat daerah saya yaitu pulau Rote Nusa Tenggara Timur (NTT), apalagi dipadu dengan topi ti’ilangga nya yang menjadi ciri khas budaya pulau Rote. Sebagai putra NTT saya sangat berterima kasih dan bangga karena untuk acara kenegaraan kali ini baik pada saat pidato kenegaraan di MPR RI dan upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus 2020 di Istana Negara Presiden Joko Widodo berkenan memakai pakaian adat dari Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT. Ini secara tidak langsung beliau telah mempromosikan pakaian adat NTT keseluruh penjuru dunia melalui pemberitaan media yang begitu luas, ” ujar managing director sinarmas Saleh Husin.

“Semoga para pengrajin tenun yang ada di daerah ikut menikmati lonjakan permintaan pembeli akibat promosi tersebut, ” ujar Koordinator Tim Ahli Wakil Presiden yang juga selaku Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Saleh Husin. Sekali lagi Dirgahayu Republik Indonesia ke-75, semoga semakin maju.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article