Minggu, Mei 19, 2024

Waspada kualitas udara semakin buruk, asuransi penting bebaskan langkahmu

Must read

Sejak satu bulan terakhir, indeks kualitas udara di berbagai negara dinilai semakin buruk, termasuk kualitas udara di Indonesia. Dilansir dari website IQAir, berdasarkan data per 14 Agustus 2023, terdapat 10 daerah dengan kualitas udara terburuk di Indonesia, di mana Tarentang, Kalimantan Barat menempati posisi tertinggi dengan skor indeks 181, yang diikuti oleh Tangerang Selatan yang  berada di provinsi Banten.

Ibukota Jakarta sendiri berada di ranking ke-9 dan masuk ke dalam kategori udara “tidak sehat”. Secara pengukuran global, pada tahun 2022 tingkat polusi udara di Indonesia sendiri masuk dalam kategori “sedang” dengan skor PM2.5 yang mana pengukurannya dilakukan dalam satuan mikrogram per meter kubik (μg/m3) dan menggunakan pedoman kualitas udara WHO.

Secara ranking global, pada tahun 2022 Indonesia menempati posisi ke-26 dengan dari 131 negara yang dipantau tingkat polusi udaranya.

Buruknya kualitas udara akan berdampak langsung pada kesehatan, dari mulai kesehatan paru-paru hingga ke jantung. Polusi udara telah menyebabkan kurang lebih 6,700 kematian di Jakarta selama tahun berjalan 2023 ini.

Melihat kondisi tersebut, tentunya setiap orang perlu menjaga atau setidaknya meminimalisasi resiko polusi udara bagi kesehatan, yang dapat dilakukan dengan cara melakukan pengecekan kualitas udara di daerah masing-masing bisa menggunakan laman atau platform khusus pengecekan kualitas udara), menghindari datang ke tempat dengan polusi tinggi seperti jalan raya yang padat atau area industri, melakukan pembersihan udara di dalam ruangan,memperbanyak tanaman hijau di daerah polusi udara tinggi dan sekitar tempat tinggal, mengatur sirkulasi udara dengan baik dengan membuka jendela atau menggunakan sistem ventilasi yang baik.

Juga, menggunakan transportasi publik untuk mengurangi pemakaian kendaraan bermotor di jalan raya, menjaga gaya hidup sehat untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan menggunakan masker yang memiliki filter yang baik yang dapat menyaring polutan dan partikel halus sampai 95%. 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article