Selasa, Mei 14, 2024

Dilarang ingin tahu

Must read

Pengetahuan adalah dosa. Adam dan Hawa memakan buah pohon itu dan lihatlah apa yang terjadi kepada mereka.

Beberapa waktu kemudian, Nicolaus Copernicus, Giordano Bruno, dan Galileo Galilei dihukum karena menyatakan bumi berputar mengelilingi matahari.

Copernicus tidak berani menerbitkan ilham menghebohkan itu sampai saat kematian dirasa sudah mendekatinya. Gereja Katolik memasukkan karyanya dalam indeks “Buku-buku Terlarang”.

Bruno, seorang penyair pengembara, menyebarkan bidaah Copernicus itu: Bumi adalah salah satu planet dalam tata surya, bukan pusat semesta. Inkuisisi Suci menyekapnya di penjara gelap bawah tanah selama delapan tahun. beberapa kali ia mendapat kesempatan bertobat, tetapi beberapa kali pula Bruno menolak. Akhirnya, keledai keras kepala ini dibakar di hadapan orang ramai di pasar Roma di Campo de’ Fiori. Sementara dibakar, mereka mengasungkan salib ke mulutnya. Ia memalingkan kepala.

Beberapa tahun kemudian, saat menjelajah langit dengan tigapuluh dua lensa teleskopnya, Galileo membenarkan pendapat Bruno. Ia pun dipenjara karena dianggap melakukan penistaan.

Di tengah interogasi ia patah.

Dengan suara keras, ia bersumpah bahwa ia mengutuk siapapun yang percaya bahwa bumi mengitari matahari.

Dan kata orang-orang, dengan berbisik ia menggumamkan ungkapan yang membuatnya terkenal sepanjang masa. Eppur si muove, sesungguhnya ia (bumi) bergerak.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article