Rabu, Mei 8, 2024

Drone DJI Enterprise untuk inspeksi di sektor industri

Must read

Drone DJI Enterprise telah membawa revolusi dalam teknologi inspeksi dengan memberikan cara yang lebih efektif dan efisien untuk mengumpulkan data visual. Drone ini telah menjadi alat yang penting bagi perusahaan-perusahaan untuk memperbaiki dan memelihara infrastruktur mereka.

Dengan penggunaan drone, inspeksi dapat dilakukan dengan cara yang lebih aman dan efisien, terutama untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh manusia. DJI Enterprise menawarkan drone dengan kamera termal dan optik yang mampu menjangkau ketinggian yang lebih tinggi dari inspektur manusia dan memberikan citra yang lebih jelas dan detail.

Terdapat beberapa contoh aplikasi DJI enterprise yang bisa digunakan untuk inspeksi di beberapa sektor industri, antara lain:

Konstruksi

Dalam sektor konstruksi, drone dapat digunakan untuk melakukan inspeksi struktur dan fasilitas. Hal ini memudahkan kontraktor mengidentifikasi masalah dan kerusakan pada bangunan lebih cepat. Hasil data dari kegiatan inspeksi selama pembangunan berlangsung juga bisa menilai apakah pembangunan dan biaya masih sesuai dengan  perencanaan awal.

Minyak dan Gas

Sektor minyak dan gas juga memanfaatkan drone untuk melakukan inspeksi. Sektor migas memiliki infrastruktur rumit dan cukup berbahaya untuk para personel melakukan inspeksi jarak dekat. Beberapa inspeksi di migas yang sering dilakukan antara lain inspeksi visual, inspeksi thermal dan inspeksi pengukuran ketebalan ultrasonik.

Objek di migas yang sering diinspeksi menggunakan drone antara lain flare stack, tower komunikasi, pipa, jembatan, FSO deck, crane tower, lifting gear, tangki dan platform lainnya.

Pertambangan

Inspeksi drone juga sangat berguna dalam sektor pertambangan. Drone dapat membantu mendapatkan data penting tanpa mengganggu operasional. Di sektor pertambangan, drone dapat melakukan inspeksi tambang bawah tanah. Inspeksi menggunakan drone di area pertambangan sangat membantu dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan para pekerja.

Transmisi Listrik

Aset di industri ketenagalistrikan sangat banyak dan krusial. Jalur transmisi listrik salah satunya, membentang di area perkotaan hingga yang sulit dijangkau seperti hutan. Inspeksi perlu dilakukan secara rutin agar memastikan jalur transmisi dalam keadaan baik dan terawat.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article