Sabtu, April 27, 2024

Industri properti: Tiga tren fit-out di 2022 

Must read

Perencanaan hibrid yang permanen, desain yang berfokus pada pengalaman dan lingkungan, sosial dan tata kelola, adalah tiga tren fit-out di 2022

Jepang tetap menjadi pasar fit-out kantor termahal di Asia Pasifik selama tiga tahun berturut-turut. 

Pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir sangat berdampak pada tempat kerja. Karena pasar berusaha untuk terus mengatasi dampak yang sedang berlangsung serta meningkatnya varian Omicron, penghuni korporat mulai banyak mengadopsi praktek kerja yang lebih fleksibel. 

“Kami telah melihat perubahan dalam cara perusahaan merencanakan kebutuhan ruang mereka, yang pada akhirnya berpengaruh pada pengambilan keputusan untuk fit-out, semua dalam lingkup di mana komponen biaya terus diamati secara cermat. Selain penerapan desain yang menyeluruh dan penerapan standar fit-out, ada kebutuhan bagi penghuni korporat untuk menyediakan solusi teknologi yang terintegrasi secara mulus untuk karyawan yang bekerja di lokasi maupun di luar lokasi.”

“Ada juga penekanan yang lebih besar untuk menyediakan tempat kerja yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mengutamakan kesejahteraan karyawan,” kata Tom Gibson, Head of Project & Development Services, Asia Pacific. 

Menurut Cushman & Wakefield’s 2022 Asia Pacific Office Fit-out Cost Guide, ada tiga tren utama fit-out kantor untuk tahun 2022: 

  • Perencanaan Hibrid yang Permanen 

Ketika negara-negara Asia Pasifik berada di berbagai tahap “Kembali ke Kantor”, penghuni menerapkan spektrum praktik kerja fleksibel yang semakin populer. Tipologi fit-out juga berubah, dengan menyediakan lebih banyak ruang kolaboratif serta ruang untuk pekerjaan yang terfokus.

Ada minat yang bertumbuh dalam memahami bagaimana caranya merancang ekosistem hibrid yang ideal – berapa banyak ruang yang dibutuhkan, seperti apa ruangannya nanti, berapa biaya untuk menyesuaikannya, dan juga untuk memenuhi tuntutan desain yang terus berkembang dari tempat kerja yang fleksibel. 

  • Merancang untuk Pengalaman 

Pandangan dari perangkat strategi tempat kerja Cushman & Wakefield, Experience per Square FootTM (XSF), telah menunjukkan bahwa karyawan di semua pasar menginginkan fleksibilitas tempat kerja yang lebih besar, meskipun pada tingkat yang berbeda-beda. Pengusaha sedang mempelajari bagaimana mengadopsi fleksibilitas yang lebih besar sambil mempertahankan budaya perusahaan dan kesetaraan pengalaman karyawan dan semakin lebih memilih kualitas daripada kuantitas ruangan.

Unsplash

Bangunan berkualitas tinggi yang menitikberatkan pentingnya kualitas kesehatan dan kesejahteraan menjadi wajib, seperti kebutuhan akan solusi teknologi yang terintegrasi mulus untuk pekerjaan di dalam dan di luar lokasi. Penerapan desain yang cermat dan standar fit-out menjadi sangat penting untuk mencerminkan peran dan tujuan kantor yang bermuara pada pengalaman, keterlibatan, kolaborasi, budaya, dan kesejahteraan. 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article