Senin, Mei 20, 2024

Journey to Zero gelar #BirukanLangit Exhibition 

Must read

Pemilihan kota Jakarta dan Yogyakarta dikarenakan keduanya memiliki ekosistem sepeda dan komunitas sepeda yang sangat kuat. Ekshibisi ini juga akan memberikan gambaran bagaimana upaya konkret dari langkah kecil yang dibawa oleh pesepeda dan komunitas akan bisa memberikan dampak yang besar bila dilakukan secara kolektif dan konsisten.

Tentang PT Rimba Makmur Utama (RMU) 

PT Rimba Makmur Utama (RMU) adalah perusahaan yang menawarkan solusi-solusi berbasis alam, atau nature-based solution enterprise, yang berkontribusi pada pengurangan emisi karbon melalui inisiatif berbasis lingkungan. RMU adalah pemegang konsesi untuk restorasi dan konservasi hutan gambut seluas 157.875 hektar di Kalimantan Tengah, yang dikenal dengan nama Katingan Mentaya Project (KMP). 

Tentang Katingan Mentaya Project (KMP) 

KMP merupakan nature-based solution project terbesar di dunia, ditinjau dari segi pengurangan emisi karbon yang diproyeksikan selama 60 tahun ke depan (masa  berlakunya konsesi), atau sebesar 7.5 juta metrik ton karbon per tahun.

Dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya, KMP bekerja sama dengan 35 desa di 2 kabupaten di sekitar area konsesi KMP melalui program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi restoratif untuk menciptakan mata pencaharian alternatif bagi masyarakat desa yang berkelanjutan. Dengan demikian, walau area konsesi yang direstorasi adalah seluas 157.875 hektar, area yang terdampak mencapai 305.000 hektar.

KMP adalah pemegang sertifikasi Verified Carbon Standard (VCS) Program dan CCCBS (Climate, Community & Biodiversity Standards) dengan Triple Gold Standard dari Verra  – sebuah badan sertifikasi carbon credit yang diakui secara internasional. 

KMP merupakan bukti bahwa Nature-Based Solution Company bisa secara nyata berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim,  yakni melalui pengurangan emisi karbon, restorasi dan konservasai keanekaragaman hayati, serta pengembangan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Tentang Journey to Zero

Journey to Zero (JTZ) merupakan kampanye yang digulirkan oleh RMU pertama kalinya pada hari Zero Emission Day, 21 September 2020.  Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi milenial agar lebih ramah lingkungan dan ramah sosial.  JTZ memberikan edukasi, aspirasi dan mengajak generasi muda mengambil langkah-langkah  yang mendukung kelestarian lingkungan, dan harapannya bisa menjadi wadah edukasi emisi karbon untuk generasi muda.  

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article