Minggu, Desember 4, 2022

Kesehatan masyarakat di era digital

Must read

Pengguna internet di Indonesia pada 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, dimana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan bahwa pengguna media sosial di Indonesia mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan  ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai 24 Juni 2022 hingga enam bulan kedepan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Perkembangan teknologi saat ini memberikan segala kemudahan dalam kegiatan dan aktivitas manusia. Segala hal bisa dilakukan dari mana saja dengan memanfaatkan perangkat gadget dan platform aplikasi di dalamnya.

Platform  media sosial menjadi idola bagi pengguna ruang digital dimana segala informasi terupdate sangat mudah untuk didapatkan di sana. Selain pusat informasi, media sosial menjadi sarana mencari hiburan dengan konten teks tulisan, gambar dan video.

Kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial membuat penggunanya terlena dan menghabiskan waktu yang berlebihan disana. Penggunaan media sosial yang berlebihan bahkan bisa menyebabkan kecanduan. Jika telah kecanduan media sosial, banyak dampak negatif bagi penggunanya seperti mempengaruhi psikologis dan kesehatan.

Masyarakat harus lebih bijak dalam penggunaan media sosial demi keamanan dan kesehatan mereka. Media sosial bisa juga dimanfaatkan sebagai sumber untuk mencari berbagai informasi kesehatan. Banyak platform digital yang mengemnbangkan teknologi kesehatan dan masyarakat bisa dengan mudah memanfaatkannya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “Meningkatkan Kepercayaan Diri di Media Sosial” akan dilaksanakan Minggu, 02 Oktober 2022 pukul 08.00 – 10.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.

Dosen Manajemen Informasi Kesehatan Politeknik Negeri Jember Muhammad Yunus akan menjadi narasumber pertama. Selanjutnya ada Head of Operations PT Meraki Kreatif Bangsa Muhammad Mikail Karimov dan terakhir ada Psikiater Dokter Ida Rochmawati. 

Yuk daftarkan segera dirimu melalui link berikut event.literasidigital.id/daftar atau info.literasidigital.id.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article